Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Doa Sholat Jenazah Yang Tidak Diketahui Jenis Kelaminnya

Doa Sholat Jenazah Yang Tidak Diketahui Jenis Kelaminnya


Tidak disyaratkan ta'yin mayyit yang hadir dicukupkan dengan ta'yin solat jenazah atau ta'yin fardhu/fardhu kifayah

 قوله ويكبر ) الي ان قال وأركانها سبعة أحدها النية ويجب فيها القصد والتعيين كصلاة الجنازة ونية الفرضية وإن لم يعترض للكفاية وغيرها ولا يشترط تعيين الميت الحاضر

Adapun rukun dari solat jenazah ialah 7, salah satunya niat dan diwajibkan untuk menyengaja niat dan ta'yin niat (contoh) solat jenazah dan niat fardhu walaupun tidak menyinggung/mengucapkan kifayah atau selainnya dan tidak disyaratkan menta'yin mayyit yang hadir ( Khasiyah al Bajuri juz 1 hal 249).

 فإن عينه كزيد أو رجل ولم يشر اليه ,أخطأ في تعيينه كأن بان عمر أو إمرأة لم تصح صلاته فأن أشار اليه كأن ٌقال نويت الصلاة علي زيد هذا فبان عمرا صحت صلاته تغليبا للإشارة ويلغو التعيين

Seandainya seorang yang mensholati jenazah menta'yin (contoh) mayyat bernama zaid atau mayyat laki-laki dan tidak meng-isyarohi/memakai lafad hadza, maka demikian apabila salah pada ta'yinnya, dalam contoh kenyataan mayyatnya adalah umar atau kenyataannya mayyatnya adalah seorang perempuan, maka tidak sah solatnya

Berbeda seandainya orang yang solat jenazah tersebut mengisyarohi /melafdkan hadza seperti niat nawaitu as solata ala zaidin hadza, maka apabila kenyaataannya salah, maka sah sholatnya karena yang dimenangkan adalah isyarohnya dan tidak dianggap ta'yinnya. Keterangan ini terdapat di dalam Khasiyah al Bajuri juz 1 hal 249.

 ويؤنث الضمائر ويجوز تذكيرها بقصد الشخص

Dan dhomir dijadikan tanits (dalam mayat wanita) dan boleh juga memudzakkarkannya (Syarh al-Bahjah al-Wardiyyah VI/9).

 ويؤنث الضمائر في الأنثى ويجوز تذكيرها بإرادة الميت أو الشخص( قوله ويؤنث الضمائر في الأنثى ) كأن يقول اللهم اغفر لها وارحمها إلخ اللهم اجعلها فرطا لأبويها إلخ ( قوله ويجوز تذكيرها ) أي الضمائر في الأنثى ( وقوله بإرادة الميت أو الشخص ) يعني أنه إذا ذكر الضمير وكان الميت أنثى جاز ذلك بتأويلها بالشخص أو بالميت أي اللهم اغفر له أي هذا الميت أو الشخص أي أو الحاضر

Dan dhomir dijadikan tanits dalam mayat wanita dan boleh juga memudzakkarkannya dengan menghendaki kembalinya dhomir pada mayat atau orang. (Keterangan Dan dhomir dijadikan tanits dalam mayat wanita) seperti ucapan Allaahumma Ighfir Lahaa Warhamhaa dan seterusnya..

(Keterangan dengan menghendaki kembalinya dhomir pada mayat atau orang) artinya bila mayat wanita boleh juga memudzakkarkan dhomir dengan mentakwil kembalinya dhomir tersebut pada mayat atau orang, dengan demikian doanya berbunyi Allaahummaghfir Lahuu/ Ya Allah ampunilah dia (artinya mayat atau orang atau janazah yang hadir).  Keterangan ini terdapat dalam Kitab Iaanah at-Thoolibiin II/128. Wallahu'alam Bisshowab.



Ust. Ubaid Bin Aziz Hasanan dan Ust. Masaji Antoro dalam Pustaka Ilmu Sunniyyah Salafiyah (PISS-KTB)
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger