Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Melihat Ke Tempat Sujud

Melihat Ke Tempat Sujud


Syeh Zainuddin Al Malibary dalam kitab Fathul Mu'in berkata :



 وسن إدامة نظر محل سجوده لان ذلك أقرب إلى الخشوع ولو أعمى وإن كان عند الكعبة أو في الظلمة أو في صلاة الجنازة نعم السنة أن يقصر نظره على مسبحته عند رفعها في التشهد لخبر صحيح فيه.



"Dan disunnahkan selalu melihat tempat sujudnya (ketika sholat) karena hal itu lebih dekat dengan khusyu' walaupun orang yg sholat adalah orang buta ataupun di samping ka'bah , atau dalam kegelapan dan walaupun ketika sholat jenazah. Meskipun begitu, ketika tasyahud kesunahannya adalah melihat pada jari telunjuk ketika diangkat berdasarkan hadis shohih."



 فتح المعين



 Ada pula hadis shohih tentang tolah-toleh dalam sholat dan juga larangan melihat ke atas:



 عن عائشة قالت سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم، عن الالتفات فى الصلاة، فقال، هوا اختلاس يختلسه الشيطان من صلاة العبد.



Dari 'Aisyah, ia berkata, saya bertanya kepada Rasulullah shollallohu alaihi wasallam tentang menoleh di dalam shalat, beliau menjawab, " itu adalah pencurian yang di lakukan oleh syetan dari shalat seorang hamba. "(HR. Bukhori)



 عن انس بن مالك رضي الله عنه، قال، قال النبى صلى الله عليه وسلم، مابال اقوام يرفعون ابصارهم الى السماء فى صلاتهم فاشتد قوله فى ذلك حتى قال، لينتهن عن ذلك او لتخطفن ابصارهم.



Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, Rasulullah shollallohu alaihi wasallam bersabda, "Apa yang membuat orang-orang itu mengangkat penglihatan mereka ke langit dalam shalat mereka ? Hendaklah mereka berhenti dari hal itu atau (kalau tidak) niscaya akan tersambar penglihatan mereka. " (HR. Bukhari dan Muslim).



Wallohu a'lam.



Pustaka Ilmu Sunniyyah Salafiyah (PISS-KTB)
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger