Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Cermin- Cermin Hati (3)

Cermin- Cermin Hati (3)


Ketahuilah bahwa berkumpulnya ruh-ruh dalam sebuah kelompok itu dalam konteks yang spiritual. 

Aku ilustrasikan sebagai contoh : Nabi Ibrahim a.s  pada mulanya hidup dengan ayahnya, tapi ketika jelas bahwa ayahnya adalah musuh Allah, Nabi Ibrahim segera melepas diri darinya. Gambaran itu menunjukkan bahwa ruh Nabi Ibrahim dan ayahnya pernah saling bertemu di zaman Allah belum menciptakan alam materi, tetapi ruh keduanya tidak berada dalam satu kumpulan yang sama.

Dapat engkau pastikan jika dirimu sekarang berkumpul dengan orang-orang sholeh sampai ajal menjemput, itu menunjukkan bahwa sejak masa pra keabadian ruhmu telah bersama dalam satu gerombolan dengan arwah-arwah orang yang sholeh. 

Jika demikian, maka sudah barang tentu ruhmu dan arwah-arwah orang yang sholeh itu berada dalam satu mata rantai dengan sekumpulan-sekumpulan yang lebih besar ruh-ruh yang telah dipilih Allah SWT untuk menyampaikan risalah-risalah-Nya, yakni ruh para Nabi dan Rasul.

Di dunia ini para wali dan orang-orang yang telah disingkapkan hijabnya oleh Allah dapat menelusuri hal-hal seperti itu. 

Imam Abu Hamid al Ghazali menceritakan bahwa pada suatu ketika beliau teringat pernah terlibat dalam perdebatan denga Nabi Musa a.s di zaman azali. Dalam pertemuannya di alam ruhani itu beliau ditertawakan dengan sayang oleh Nabi Musa sebab sang Nabi merasa kewalahan melayani argumen-argumen logika agama dari Imam al Ghazali. 

Begitulah keadaan alam ruhani, disana ruh-ruh telah ditetapkan dan dikumpulkan menurut kecenderungan karakter dan kadar kebaikannya. Jika karakter salah satu ruh adalah hijau, di dunia ia akan cenderung bergerak ke arah warna hijau. Jika karakter ruhmu merah, di dunia engkau akan menyukai warna merah dan lebih senang berada dalam kumpulan warna merah. 

Orang-orang kafir akan menolak orang-orang yang beriman dan orang-orang beriman akan menyingkir dari orang-orang kafir.



Yusron Mudzakkir (Ponpes Raudlatul Fatihah)
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger