Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Perbanyaklah Dzikir Saat Bersama Orang Shalih

Perbanyaklah Dzikir Saat Bersama Orang Shalih

“Apabila kalian mendengar ayam jantan berkokok (di waktu malam), maka mintalah anugrah kepada Allah, karena sesungguhnya ia melihat malaikat. Namun apabila engkau mendengar keledai meringkik (di waktu malam), maka mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguan syaithan, karena sesungguhnya ia telah melihat syaitan” (Shahih Al Bukhari).


Rasul shallallahu 'alaihi wasallam memberikan perumpamaan , betapa mulianya penyeru ke jalan Allah dengan hadits ini, " Jangan mencaci seekor ayam jantan karena ia menyeru kepada shalat ", maka terlebih lagi manusia yang menyeru ke jalan keluhuran dan lebih-lebih lagi pemimpin semua manusia yang membawa ke jalan keluhuran, sayyidina Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. 

Dijelaskan dalam sirah Ibn Hisyam bahwa pada malam 1 Rabi'ul Awal beliau meninggalkan Makkah dan pada tanggal 12 Rabi'ul Awal pada hari Senin beliau masuk ke Madinah Al Munawwarah, dan hari itu adalah hari wafat beliau, hari hijrah beliau, dan hari pembaiatan pertama Khalifah Abu Bakr As Shiddiq Ra, bersatunya kaum muhajirin dan anshar setelah wafatnya Rasul shallallahu 'alaihi wasallam, di bawah genggaman baiat sayyidina Abu Bakar As Shiddiq Ra. Persatuan muslimin setelah wafatnya Rasul yang pertama kali adalah pada hari senin 12 Rabiul Awal, demikian 4 hal agung yang perlu kita ketahui yang terjadi pada tanggal 12 Rabiul Awal . 

Rasul shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : 


مَا بَيْنَ بَيْتِيْ وَمِنْبَرِيْ رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ وَمِنْبَرِيْ عَلَى حَوْضِي


" Diantara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga, dan mimbarku berada di telaga haudhku "


Maksudnya adalah tempat diantara rumah beliau ( yang sekarang menjadi maqam beliau ) sampai ke mimbar beliau itu dinamakan Raudhah As Syariif yaitu tempat berdoa yang paling banyak dilimpahi pahala padanya, dan dijanjikan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa orang yang beribadah di situ maka ia masuk ke dalam syafaat nabi shallallahu 'alaihi wasallam di dalam surga Allah subhanahu wata'ala karena telah disebut sebagai taman surga, maksudnya sudah sangat dekat dengan pintu surga . 

Kelak setelah kita wafat, setelah kita dibangkitkan semoga mata kita tidak dibutakan oleh Allah subhanahu wata'ala sehingga seluruh manusia di padang mahsyar melihat mimbar sayyidina Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, saat itu semua para nabi dan rasul dibawah pimpinan sayyidina Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan mimbar beliau berada diatas telaga " Haudh " beliau. Maka, di saat itu beruntunglah orang yang meminum dari telaga Haudh beliau, sebagaimana Allah subhanahu wata'ala menyampaikan kepada beliau, dan beliau bersabda : 


مَنْ شَرِبَ مِنْهُ شُرْبَهً لَا يَظْمَأُ بَعْدَهَا أَبَدًا

" Barangsiapa yang meminum darinya maka ia tidak akan pernah haus selama-lamanya "


Rasulullah SAW pernah bersabda yang diriwayatkan di dalam Shahih Al Bukhari : 


أَحَبُّ النَّاسِ إِلَيَّ أَحْسَنُكُمْ أَخْلاَقًا

" Manusia yang paling aku cintai adalah yang paling baik budi pekertinya "


Orang yang paling ramah adalah orang yang paling dicintai nabi Muhammad, orang yang berlemah lembut adalah orang yang disayangi nabi Muhammad, orang yang berkasih sayang adalah orang yang dicintai nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, maka masuklah kedalam kelompok orang yang berkasih sayang dan berbudi pekerti mulia dan selalu ramahlah kepada yang kita kenal atau yang tidak kita kenal karena itu akan membuat kita dicintai oleh sayyidina Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. 


Habib Munzir Al Musawwa
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger