Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , , » Tips Mudah Bangun Saat Sahur dan Sholat Subuh (3)

Tips Mudah Bangun Saat Sahur dan Sholat Subuh (3)

4. Hindari Dosa



Shalat Subuh merupakan hadiah Allah, tidak diberikan kecuali kepada orang-orang yang taat lagi bertaubat.



Hati yang diisi dengan kemaksiatan, bagaimana akan bangun untuk Shalat Subuh? Bagaimana mungkin hati yang tertutup dengan dosa akan terpengaruh oleh hadits-hadits yang berbicara tentang keutamaan Shalat Subuh? Bagaimana mungkin mendengar panggilan adzan "Hayya 'Alash Shalah" (mari Shalat), "Hayya 'Alash Falah" (mari mencari kemenangan), dan "Asshalatu khairum minannaum" (Shalat itu lebih baik dari pada tidur)?



Bagaimana hati ini akan khusyuk dzikir kepada Allah dan melaksanakan segala bentuk kebenaran? Bagaimana mungkin itu akan terjadi bila hati telah diselimuti kemaksiatan?



Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya seorang muslim bila melakukan satu dosa, maka setitik noktah hitam akan mengotori hatinya, jika ia bertaubat dan meninggalkannya serta meminta ampun pada Allah, maka hatinya akan bening. Dan apabila bertambah dosanya maka bertambah pula noktah hitam tersebut. Dan itulah kerak penutup (hati) yang disebutkan Allah dalam kitab-Nya: 'Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka." (QS Al-Muthafifin:14), (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah. At-Tirmidzi berkata, "Hadits ini hasan shahih).



Absen kita dalam Shalat Subuh merupakan musibah. Allah SWT berfirman, "Dan apa saja yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. (QS. Asy-Syura:30)



Carilah dosa-dosa Anda dengan teliti. Dosa mata, dosa lisan, atau dosa-dosa Anda dalam bermasyarakat, atau dosa-dosa dalam berhubungan dengan orang tua, atau dosa-dosa hati akibat kesombongan, ujub, iri dengki, marah, pamer, dan lain-lainnya. Yang tak kalah pentingnya, jangan meremehkan dosa sedikit pun. Bisa jadi dosa ini penyebab absen kita dalam Shalat Subuh.



Abdullah bin Mas'ud ra meriwayatkan, bahwa rasulullah saw bersabda, "Jangan sampai meremehkan dosa-dosa, karena dosa-dosa itu bila berkumpul pada seseorang, akan menghancurkannya." (HR Ahmad)



Lepaskan kemaksiatan dengan segera. Sesalilah dengan penyesalan yang sungguh-sungguh, segala apa yang telah berlalu, dan bertekadlah untuk tidak berbuat dosa lagi. Kembalikanlah hak-hak kepada pemiliknya.



Mari ukir lembaran baru bersama Allah. Kalau Anda melakukan hal itu dengan jujur, Allah akan memberi Anda hidayah-Nya dan pemberian-Nya. Diantara pemberian-Nya adalah kemampuan Shalat Subuh berjamaah dengan segenap keutamaan dan kebaikan yang terkandung di dalamnya. Semoga Allah memberi hidayah dan taubat kepada saya, Anda, dan umat Islam pada umumnya.



Ust. Muhammad Eksan
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger