Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Ahlaq 3 Wali Quthub: Syaikh Hasan Al Bashri

Ahlaq 3 Wali Quthub: Syaikh Hasan Al Bashri

Kisah kedua berikutnya adalah tentang Syeikh Hasan Al-Bashri. Beliau hidup di tahun ke-21 sampai ke-110 Hijriyah, dan beliau merupakan penasehat spiritual Khalifah Umar bin Abdul Aziz r.a. (61-101 H). Beliau sangat terkenal dengan julukan "Panutan Zaman dari Bashrah", karena luar biasa hebat dan sholehnya.



Syeikh Hasan Al-Bashri adalah seorang alim ulama yang diakui sebagai mahagurunya para alim ulama generasi ke-3 (bahasa sederhananya; zaman cucu-cicit kanjeng nabi dan para sahabat). Lantas, bagaimanakah sikap beliau ketika menghadapi orang non-muslim?



Beliau tak cuma sekadar berteman biasa, beliau malah bersahabat erat dengan seorang pendeta Nasrani. Seringkali saat bertemu di jalan, keduanya berpelukan dan saling menanyakan kabar, bahkan terkadang si pendeta Nasrani "memamerkan" Syeikh Hasan Al-Bashri ke jemaatnya.



Syeikh Hasan Al-Bashri bersikap lembut pada orang non-muslim, adalah karena mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW.



Seperti kita tahu, Baginda Rasulullah SAW selalu bersikap baik dan ramah pada siapa saja. Tidak hanya kepada para sahabat yang mau memeluk agama Islam, bahkan dengan kalangan non-muslim yang memusuhi pun Nabi Muhammad SAW selalu menampilkan akhlak mulia.



Nabi Muhammad SAW adalah orang pertama yang menjenguk orang Arab yang selalu meludahinya dan mendoakan segera sembuh. Nabi Muhammad SAW justru meminta Malaikat Jibril menahan diri, ketika penduduk kota Thaif sudah melewati batas penolakannya. Bahkan, kedua tangan mulia Baginda Rasulullah SAW yang menolong Abu Lahab dari lubang jebakan bikinannya sendiri.



Kepada orang non-muslim yang memusuhi saja, umat Islam diteladankan kanjeng nabi untuk tetap berakhlak mulia, apalagi dengan umat non-muslim yang tulus menjalin persahabatan.



Dari kisah Syeikh Hasan Al-Bashri tersebut, kita bisa memetik suatu ilmu hikmah, bahwa hendaknya kita selalu bersikap baik kepada siapa saja, seperti yang Nabi Muhammad SAW teladankan.



Dikutip Dari Buku Kembali Menjadi Manusia oleh Doni Febriando
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger