Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Durasi Waktu Shalat Malam Rasulullah

Durasi Waktu Shalat Malam Rasulullah

Aisyah RA menuturkan bahwa Nabi SAW selalu bangun malam untuk melakukan shalat malam sehingga kedua kakinya bengkak. Kemudian Aisyah bertanya kepada beliau, "Wahai Rasulullah, mengapa engkau berbuat seperti itu, Bukankah Allah telah mengampuni seluruh dosamu, baik dosa masa lalu maupun dosa masa depan?" Lalu beliau menjawab, "Apakah tidak sepatutnya aku suka menjadi hamba yang bersyukur."(HR Al-Bukhari dan Muslim)

Lalu mengapa kakinya bisa sampai bengkak? Berapa lama dan berapa rakaat beliau shalat malam? Apakah kita pantas menyombongkan diri bahwa kita telah mengikuti seluruh sunnahnya, lalu berani-beraninya saling menyalahkan? Apakah kita sanggup menandingi kekuatan fisik dan psikis Nabi? Bukankah kita hanya mampu sekuat apa yang kita bisa sebagai suatu kewajiban? Kita begitu jauh, dan sangat jauh bila dibandingkan dengan apa yang sudah dicontohkan beliau.

Abdullah Hudzaifah bin Al-Yaman RA (Yang dikenal sebagai sahabat yang menerima perbagai berita rahasia dari Rasulullah SAW) menuturkan:

"Pada suatu malam, aku shalat bersama Nabi SAW. Setelah membaca Surah Al-Fatihah, beliau membaca surah al-Baqarah. Dalam hati aku berkata, 'Mungkin beliau akan rukuk jika sudah membaca seratus ayat.' Tapi, setelah membaca seratus ayat, beliau tetap meneruskan bacaannya.

Dalam hati aku berkata, 'Mungkin beliau akan membaca satu surah Al-Baqarah dalam satu rakaat. Ternyata, setelah beliau membaca satu surah, beliau mulai membaca surah An-Nisa dan membacanya hingga selesai. Beliau membacanya dengan tartil. Ketika beliau mendapati ayat yang mengandung tasbih, beliau pun membaca tasbih. Apabila beliau mendapati ayat yang mengandung perintah untuk memohon, maja beliau pun memohon. Dan, apabila beliau mendapati ayat yang menganjurkan agar berlindung diri, beliau pun berlindung diri.

Setelah itu, baru beliau rukuk dan dalam rukuk beliau membaca: subhana rabbiyal-'azhim (Mahasuci Tuhanku yang Maha Agung). Beliau dalam rukuk itu hampir sama lamanya dengan ketika beliau sedang berdiri. Kemudian beliau mengucapkan, sami'a Allahu liman hamidah, rabbana lakal-hamdu (Allah mendengar hamba yang memuji-Nya. Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mulah segala puji).

Lalu, beliau bangkit dan berdiri lamanya hampir sama dengan rukuk. Kemudian beliau sujud dan membaca: subhana rabbiyal-'ala (Mahasuci Tuhanku Yang Mahaluhur/tinggi) dan dalam sujud itu hampir sama lamanya dengan ketika beliau berdiri." (HR Muslim)

Bukan hanya Hudzaifah yang mengalami hal serupa saat shalat malam bersama Nabi. Ibn Mas'ud r.a. juga menuturkan, "Pada suatu malam, aku shalat bersama Nabi SAW. Kemudian beliau lama sekali dalam berdiri, sehingga timbullah niat buruk saya (dalam hati). Seusai shalat, beliau bertanya, 'Niat buruk apakah yang timbul dalam hatimu?"

Aku menjawab, "Aku berniat akan duduk dan meninggalkan shalat bersamamu."(HR Al-Bukhari dan Muslim)

Sungguh hebat, kuat, dan luar biasa Rasulullah. Beliau tahu apa yang dirasakan sahabatnya. Semoga kita bisa mengikuti sunnahnya, meski hanya sedikit demi sedikit.



Ust. Halim Ambiya
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger