Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Etika Ber Media Sosial

Etika Ber Media Sosial

Sudah ratusan juta masyarakat kita bertemu dalam satu ruang media. Jika dahulu pertemuan hanya dalam satu masjid, satu kantor atau mungkin satu lapangan sekalipun, para ulama kita sudah berpesan agar berhati-hati dalam menyebarkan sebuah informasi. Apalagi kini yang sudah tanpa sekat dan batas.


Pesan Sayidina Ali:


ﻗﺎﻝ ﻋﻠﻲ: «ﺣﺪﺛﻮا اﻟﻨﺎﺱ، ﺑﻤﺎ ﻳﻌﺮﻓﻮﻥ ﺃﺗﺤﺒﻮﻥ ﺃﻥ ﻳﻜﺬﺏ، اﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ»


Ali berkata: "Berkomunikasilah dengan masyarakat sesuai dengan pemahaman mereka. Apakah kalian ingin Allah dan Rasul-Nya didustakan?" (Sahih Al-Bukhari)


Ada tambahan dalam riwayat lain:


ﻭﺩﻋﻮا ﻣﺎ ﻳﻨﻜﺮﻭﻥ ﺃﻱ ﻳﺸﺘﺒﻪ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻓﻬﻤﻪ ﻭﻛﺬا ﺭﻭاﻩ ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ اﻟﻤﺴﺘﺨﺮﺝ

"Dan tinggalkanlah hal-hal yang tidak difahami mereka". Riwayat Abu Nuaim dalam Al-Mustakhraj (Fath Al-Bari Syarah Sahih Al-Bukhari)
 
Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata:


ﻭﻓﻴﻪ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ اﻟﻤﺘﺸﺎﺑﻪ ﻻ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻥ ﻳﺬﻛﺮ ﻋﻨﺪ اﻟﻌﺎﻣﺔ


"Atsar ini adalah dalil bahwa sesuatu yang belum jelas sebaiknya jangan disampaikan kepada masyarakat umum" (Fath Al-Bari Syarah Sahih Al-Bukhari)


Pesan Sahabat Ibnu Mas'ud


ﻗﺎﻝ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ : «ﻣﺎ ﺃﻧﺖ ﺑﻤﺤﺪﺙ ﻗﻮﻣﺎ ﺣﺪﻳﺜﺎ ﻻ ﺗﺒﻠﻐﻪ ﻋﻘﻮﻟﻬﻢ، ﺇﻻ ﻛﺎﻥ ﻟﺒﻌﻀﻬﻢ ﻓﺘﻨﺔ»

Ibnu Mas'ud berkata: "Tidaklah engkau menyampaikan sebuah informasi kepada suatu masyarakat yang tidak difahami oleh akal mereka, kecuali informasi itu akan menjadi petaka bagi sebagian mereka" (Sahih Muslim)
 
Ahli hadis Abdurrauf Al-Munawi berkata:


 ﻷﻥ اﻟﻌﻘﻮﻝ ﻻ ﺗﺤﺘﻤﻞ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﻗﺪﺭ ﻃﺎﻗﺘﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﺃﺯﻳﺪ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﻘﻞ ﻓﻮﻕ ﻣﺎ ﻳﺤﺘﻤﻠﻪ اﺳﺘﺤﺎﻝ اﻟﺤﺎﻝ ﻣﻦ اﻟﺼﻼﺡ ﺇﻟﻰ اﻟﻔﺴﺎﺩ


"Sebab akal tak mampu menerima informasi kecuali sebatas kemampuannya. Jika itu melebihi dari kemampuan akalnya maka keadaan akan berubah, dari baik menjadi buruk" (Faidl Al-Qadir Syarah Al-Jami' Shaghir)




KH Ma'ruf Khozin
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger