Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » IPNU IPPNU Bae Ikuti Napak Tilas Hari Santri Nasional

IPNU IPPNU Bae Ikuti Napak Tilas Hari Santri Nasional



Ribuan santri di Kota Santri Kudus mengikuti Napak Tilas Hari Santri sebagai rangkaian acara Hari Santri Nasional 2017 di Kabupaten Kudus. Napak Tilas tersebut untuk mengenang Resolusi Jihad NU yang dikobarkan oleh KH. Hasyim Ashari di masa lalu.


Puluhan pondok pesantren dan berbagai organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan turut ikut ambil bagian dalam acara yang dimulai dari Lapangan Desa Bacin tersebut, tak terkecuali PR IPNU IPPNU Bae yang mengirimkan perwakilannya untuk membaur bersama peserta lainnya.

Perwakilan dari PR IPNU IPPNU Bae merupakan rekan/ rekanita CBP KPP DKAC Bae. Ketua PR IPNU Bae, Bagus Vidiyanto, mengatakan tim yang akan turun diambil dari CBP KPP dan akan mengikuti rangkaian acara hingga selesai. Peserta dari IPNU IPPNU Ranting Bae kemudian membaur dengan peserta dari IPNU IPPNU dari rangting lainnya. Berseragam oranye mereka terlihat membawa bendera NU berwarna hijau dan berbaris di depan rombongan Gerakan Pemuda Ansor yang mengenakan seragam khasnya dengan baret hijau di kepala. Sementara itu barisan paling depan dihuni oleh para pembawa bendera merah putih.


Rute Napak Tilas Hari Santri Kabupaten Kudus sendiri dimulai dari Lapangan Desa Bacin. Para peserta yang mengikuti kirab tersebut sebagian membawa  semacam lampu yang membentuk cahaya obor dan spanduk bertuliskan “Napak Tilas, Perjuangan Pahlawan, Santri, dan Ulama Kudus”. Selepas dari Lapangan Bacin untuk upacara elepasan, rombongan menuju Taman makam Pahlawan Kaliputu. Para peserta mendoakan para pahlawan dari Kabupaten Kudus yang ikut berjuang membela Indonesia dari penjajah.

Selesai melakukan doa bersama untuk para pahlawan kemerdekaan di Taman makam Pahlawan Kaliputu, rombongan bergerak ke Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Pawai Napak Tilas ini tambah meriah ketika terdengar paduan drumband dari para santri yang membawa barang-barangbekas seperti ember dan jerigen untuk ditabuh.


Rombongan menuju ke Maqbaroh KHR Asnawi di Komplek Menara Kudus untuk mengenang perjuangan-perjuangan para ulama di Kabupaten Kudus dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Peserta terlihat khusyuk memanjatkan doa sekaligus “ngalap berkah” ilmu dari para ulama.

Usai memanjatkan doa di Maqbaroh KHR Asnawi, rombongan melanjutkan perjalanan hingga sampai di tujuan akhir Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Bendan, Kerjasan.

Dikatakan oleh perwakilan dari IPNU Kudus yang mengikuti acara tersebut, bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti Napak Tilas setelah absen pada tahun sebelumnya. Harapnya, semoga para pemuda bisa mengikuti jejak-jejak para pejuang di jaman dulu. Mengisi kemerdekaan dengan karya-karya yang positif dan berguna bagi masyarakat merupakan salah satu hal yang dapat kita lakukan, ujarnya.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger