Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Rangkaian Acara Hari Santri 2017 di Kabupaten Kudus

Rangkaian Acara Hari Santri 2017 di Kabupaten Kudus



Hari Santri diperingati untuk mengenang dan meneladani peran besar kaum kiai dan kaum santri dalam perjuangannya melawan penajajah yang bertepatan dengan resolusi jihad dari Mbah KH. Hasyim pada tanggal 22 Oktober. Itulah alasan yang mendasari mengapa Hari Santri Nasional ditetapkan pada tanggal 22 Oktober oleh presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015.

Sejarah membuktikan, para santri bersama dengan pejuang lainnya mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut kembali kedaulatan negara republik Indonesia dari penjajah bangsa asing. Mereka yang ikut berjuang dan mempunyai peran dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain KH. Hasyim Asy’ari yang merupakan salah satu tokoh yang mendirikan Nahdatul Ulama, KH. Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, A. Hassan dari Persis, Ahmad Soorhati dari Al Irsyad, dan Abdul Rahman dari Matlaul Anwar.

Kudus sebagai Kota Santri dan Kota Wali, selalu memperingati Hari Santri setiap tahunnya mulai dari 2015, 2016, dan tahun ini 2017. Untuk tahun 2017, berbagai kegiatan diselenggarakan di Kabupaten yang pernah disinggahi dua Wali Songo ini.


Santri Preneurship mengawali rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional di Kudus. Bertempat di @HOM Hotel, Jl. Tanjung Kramat Kota Kudus, pada hari Jumat hingga Sabtu (13-14 Oktober 2017), Santri Preneurship akan mengejawantahkan Gusjigang yang menjadi jargon para santri di Kudus. Santri yang Bagus, Rajin Ngaji, dan Pintar Berdagang.

Ahad 15 Oktober 2017 di Hotel Griptha Kudus rangkaian acara dilanjutkan dengan Sarasehan Santri yang sebelumnya diawali dengan sholat maghrib berjamaah.

Acara dilanjutkan di hari Jumat 20 Oktober 2017  dengan Napak Tilas Santri yang dimulai selepas sholat maghrib dan mengambil start dari Lapangan Bacin dan finish di Pondok Bendan, kerjasan yang merupakan pusat pondok pesantren di wilayah Kudus Kota.

Puncak acara pada hari H tanggal 22 Oktober 2017 pagi pukul 07.00 WIB akan diadakan Apel Hari Santri Nasional di Pusat Kota Kudus yaitu Alun-alun Simpang Tujuh. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini akan dipimpin langsung oleh Bupati Kudus

Esok malamnya akan digelar Santri Bersholawat di Air Mancur Pendopo Kabupaten Kudus. Masih di lokasi Alun-alun Kudus, acara ini akan menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin dari Pekalongan. Beliau adalah pimpinan Majelis Az Zahir yang sudah sering malang melintang di Kota Kudus.

Seminggu kemudian, sebagai penutup rangkaian acara Hari Santri, Bupati Kudus akan mengajak para santri dan masayarakat umum untuk jalan santai dalam acara bertajuk “Mlaku-mlaku Bareng Santri”. Acara akan dimulai ba’da sholat subuh dari Alun-alun Simpang Tujuh sehingga warga yang ingin ikut berpartisipasi diharapkan hadir untuk sholat subuh berjamaah di Masjid Agung Kudus atau masjid-masjid di sekitarnya.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger