Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Dua Kaligrafer PSKQ Kudus Sabet Juara Nasional 2017

Dua Kaligrafer PSKQ Kudus Sabet Juara Nasional 2017


Dua kader dan Pengajar PSKQ Modern Kudus menyabet gelar juara pada ajang Kejuaraan Kaligrafi Tingkat Nasional di Jakarta. Adalah Ust. Muallimin yang berhasil meraih juara 2 Lomba Kaligrafi Kaligrafi Klasik Khath Tsulust Naskhi dan Ustadzah Azlina, istri Ustaz Nukman (Kaligrafer PSKQ asal Aceh),  yang berhasil meraih juara 1 pada golongan Mushaf pada lomba kaligrafi Nasional yang diselenggarakn oleh Kementerian Agama dan Persatuan Kaligrafi dan Zukhrufah Indonesia (Perkazi).

Seperti yang telah diketahui bahwa tahun 2017 Kementerian Agama Republik Indonesia bersama Perzaki mengadakan Lomba Kaligrafi Tingkat Nasional bertajuk Festval Seni Kaligrafi Islam Indonesia: Sayembara Seni Kaligrafi Nasional 2017 dengan cara mengirimkan karya asli peserta Kaligrafi ke Gedung KementerianAgama Republik Indonesia di Jalan M.H. Thamrin Jakarta Pusat.

Karya yang diperlombakan adalah 2 gaya khat yaitu Tsuluts dan Naskhi. Dinamakan kaligrafi khat tsuluts karena ditulis dengan kalam yang ujung pelatuknya dipotong dengan ukuran sepertiga (tsuluts) goresan kalam. Ada pula yang menamakannya khat Arab karena gaya ini merupakan sumber pokok aneka ragam kaligrafi Arab yang banyak jumlahnya setelah khat Kufi. Untuk menulis dengan khat tsuluts, pelatuk kalam dipotong dengan kemiringan kira-kira setengah lebar pelatuk.


Juri/ dewan hakim dalam perlombaan ini merupakan para pakar di bidangnya. Sebagai Ketua ada DR. KH. Didin Siradjuddin dengan anggota masing-masing adalah DR. H. Ahmad Tholabi Kharlie, H. Ahmad Haidani, M.Sn., dan H. Isep Misbah, S.Ag.

Ustadz Muallimin yang menjadi juara 2 berhak meraih hadiah senilai Rp 6.000.000,00 sedangkan Ustadzah Azlina berhasil meraih hadiah senilai Rp 7.500.000,00. Penerimaan hadiah berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Dalam laman Twitternya, Pesantren Kaligrafi Modern PSKQ Kudus yang dipimpin oleh Ust. Muhammad Assiry tak lupa memberikan ucapan selamat kepada kedua santrinya tersebut yang sukses mengharumkan nama PSKQ Kudus di dunia Kaligrafi Nasional.



Foto: Twitter PSKQ Kudus
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger