Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » PP TBS Balaitengahan Peringati Haul ke 16 Cikal Bakalnya

PP TBS Balaitengahan Peringati Haul ke 16 Cikal Bakalnya



Nama TBS (Taswiquth Thullab Salafiyyah) sangat populer di kalangan santri Kudus. Hal ini disebabkan karena TBS menjadi salah satu madrasah tertua di Kudus  yang berdiri pada hari Rabu Pon 7 Jumadil Akhir 1340 H bertepatan 21 November 1928 M atau dua tahun setelah berdirinya Nahdlatul Ulama’.

Semula namanya adalah Madrasah Tasywiquth Thullab dengan singkatan TB yang artinya “Gandrungnya Para Pelajar” .  Seiring berjalannya waktu, nama TB bertransformasi menjadi  “Tasywiquth Thullab School” TBS pada tahun 1934 dan menjadi “Taswiquth Thullab Salafiyyah” TBS tahun 1972-sekarang.

Dulunya lokasi TBS adalah berupa Ibtida’iyyah dan Pondok-Pesantren milik KH. Ma’mun Ahmad.  Semula di dukuh Balaitengahan kecamatan Kota, 500 meter dari pusat kota Kudus. Tetapi sekarang ini sudah berlokasi di 4 dukuh dalam 2 desa yakni di dukuh Balaitengahan, di dukuh Nanggungan, di desa Langgardalem. Dukuh Bejen dan dukuh Kajeksan di desa Kajeksan.

Tahun 1439 H ini, PP Balai Tengahan TBS akan memperingati Haul pendiri/cikal bakal madrasah tersebut yaitu Haul KH. Ma’mun Ahmad ke 16 dan Haul NyaiHj. Asnah Ma’mun ke 30. Berbagai acarapun mewarnai peringatan Haul tersebut yang juga dijadikan ajang Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.


Pada tanggal 17 November 2017 atau bertepatan dengan 28 Shafar 1439 H akan diadakan acara Khotmil Qur’an di Aula Pesantren TBS Kudus.

Selain khotmil Qur’an, panitia acara juga akan menampilkan Kirab Santri yang akan dimulai dari ondok pesantren TBS Kudus menuju ke Kecamatan Kota, Kecamatan Gebog, Kecamatan Dawe, Kecamatan Bae, dan kembali lagi ke Pondok. Pada hari yang sama, Sabtu 18 November 2017 (29 Shafar 1439 H) juga akan diadakan bakti sosial khitanan massal di PP TBS Balaitengahan mulai pukul 08.30 WIB.

Untuk menghornati dan mendoakan pendirinya, pada hari Ahad 19 November 2017 (30 Shafar 1439 H) akan dilangsungkan prosesi ziarah kubur dan tahlil umum di Makam KH. Ma’mun Ahmad yaitu di kawasan pemakaman umum Sedyo Luhur Krapyak, Gebog, Kudus.

Malam harinya akan dilangsungkan acara puncak Pengajian dalam rangka Haul KH. Ma’mun Ahmad ke 16 dan Haul Nyai Hj. Asnah Ma’mun ke 30 serta Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di Pondok Pesantren TBS Balaitengahan. Pengajian yang dimulai ba’da isya ini akan menghadirkan dua ulama untuk menyampaikan mauidhoh hasanahnya, yaitu KH. Ahmad Muwafiq (Yogyakarta) dan Habib Umam Muthohar (Semarang).
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger