Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Awal 2018, PC IPNU IPPNU Kudus Gelar Workshop "Menulis Itu Asyik"

Awal 2018, PC IPNU IPPNU Kudus Gelar Workshop "Menulis Itu Asyik"



Dalam kehidupan seseorang, apalagi di era informasi, tidak akan terlepas dengan apa yang disebut berita. Setiap orang ingin mengetahui apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya, di kota, di negara, atau bahkan peristiwa yang terjadi di dunia. Misalnya tentang kenyataan sosial yang berkembang, isu-isu hangat yang diperbincangkan orang lain, atau opini orang yang sedang ramai dibicarakan, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan khalayak tersebut dibutuhkan suatu bidang ilmu yang akan membahas dan menyajikan sebuah berita yang disebut ilmu jurnalistik.

Ilmu jurnalistik akan memenuhi kebutuhan masyarakat atau khalayak ramai atas sebuah berita atau informasi, yang berkaitan dengan lingkungan sekitarnya atau di Negaranya, dan bahkan berita di dunia pada waktu itu. Semuanya itu diolah oleh jurnalis dengan sebaik dan semenarik mungkin, sehingga berita itu bisa di nikmati oleh masyarakat. Selain itu, jurnalistik juga dapat dijadikan tempat menyalurkan opini atau pendapat masyarakat. Sehingga jurnalistik ini berguna juga untuk menjaga komunikasi antara rakyat dengan pemerintah.

Jurnalistik juga dapat menceritakan bagaimana sesuatu itu dilakukan di masa lampau, bagaimana dunia ini dijalankan sekarang, bagaimana sesuatu itu diselesaikan, dan apa yang dianggap oleh dunia itu benar atau salah. Secara otomatis, jurnalistik juga membantu menyampaikan warisan sosial kepada generasi baru agar terjadi proses regenerasi dari angkatan yang sudah tua kepada yang lebih muda. Namun, akhir-akhir ini dunia jurnalistik juga banyak dihebohkan oleh tersebarnya berita-berita hoax yang menjurus ke fitnah oleh segelintir oknum yang tidak bertanggungjawab.

Untuk memberikan pengetahuan jurnalistik yang amat penting tersebut serta membentengi para anggotanya dari berita-berita hoax, PC IPNU-IPPNU Kabupaten Kudus akan menyelenggarakan Workshop Jurnalistik bertema “Menulis Itu Asyik”. Kegiatan tersebut akan menyalurkan bakat jurnalis yang terpendam dalam kader-kader IPNU-IPPNU di Kabupaten Kudus untuk memperkokoh organisasi. 


Workshop jurnalistik tersebut bisa diikuti oleh pelajar dari perwakilan Ranting, Komisariat, maupun Anak Cabang IPNU IPPNU se Kabupaten Kudus dengan batas usia 16 – 20 tahun. Kuota yang disediakan oleh panitia terbatas hanya untuk 45 peserta saja.

Calon peserta dapat mendaftar secara online di alamat www.ipnuippnukudus.or.id  dengan cara mengisi formulir yang dapat diunduh terlebih dahulu dari alamat web tersebut. Calon peserta diharuskan mengirim artikel dengan tema “Pelajar dan Teknologi, “Peralihan Generasi Millenial ke Generasi Z”, atau “Peran Pelajar Menangkal Hoax”. Tak lupa, calon peserta diharuskan memberikan kontribusi dengan membayar biaya pendaftaran senilai Rp 50.000,00.

Pendaftaran online tersebut  dilakukan mulai tanggal 14 hingga 28 Desember 2017 dan calon peserta yang lolos administrasi akan diumumkan pada tanggal 30 Desember 2017 untuk menjalani interview pada tanggal 6 hingga 7 Januari 2018. Pengumuman hasil interview akan dilakukan pada tanggal 9 Januari 2017. Para calon peserta yang dinyatakan lolos, harus mengikuti technical meeting tanggal 10 Januari 2017.

Pelaksanaan Workshop Jurnalistik akan dilakukan di Lantai 1 Kantor PC IPNU IPPNU Kudus, Jl. Pramuka No. 20, Kudus pada tanggal 12 hingga 14 Januari 2017. Tak tanggung-tanggung, panitia menghadirkan lima narasumber praktisi jurnalistik (jurnalis) yang berkompeten di bidang jurnalistik dan kepenulisan. Narasumber yang akan dihadirkan adalah Rosidi/ Eros (pemilik akun twitter @kulorosidi, mantan redaktur Suara Merdeka, pengelola bekanews.com dan beritagar.id), Abdalla Badri (owner dari dutaislam.com), Abdul Rochim (Kepala Biro Radar Kudus Pati), Jumari Hs (sastrawan), dan M. Rizka Chamami yang merupakan seorang penulis dan dosen di UIN Walisongo Semarang.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger