Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Maulid, Gambus El Khairat Akan Hibur Warga Kudus

Maulid, Gambus El Khairat Akan Hibur Warga Kudus


Bulan Maulid, warga Kudus akan dihibur oleh penampilan Gambus El Khairat. Grup gambus yang berangggotakan 9 orang tersebut akan tampil dengan musik-musik qasidah islami yang akan dipadu dengan tarian Zapin seperti yang sudah dilakukan dalam konser-konser sebelumnya.

Zapin berasal dari bahasa arab yaitu "Zafn" yang mempunyai arti pergerakan kaki cepat mengikut rentak pukulan. Diperkirakan berasal dari YamanZapin merupakan khazanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh ArabTarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan.

Musik pengiringnya terdiri atas dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas. Tari Zapin sangat ragam gerak tarinya, walaupun pada dasarnya gerak dasar zapin-nya sama, ditarikan oleh rakyat di pesisir timur dan barat SumateraSemenanjung MalaysiaSarawakKepulauan Riau, pesisirKalimantan dan Brunei Darussalam.


Perpaduan musik dan tari ini akan lebih indah karena Gambus El Khairat menggandeng Habib Musthofa Abdillah Al Haddar (Habib Musthofa AB) sebagai vokalis yang akan menyenandungkan lagu-lagu petuah berirama melayu dan padang pasir.

Bagi para penggemar dakwah islam melalui musik Gambus dan Zapin, catat ya jadwal mainnya. Konser Gambus bersama Al Khairat dan Habib Musthofa ini akan dilangsungkan dua kali di bulan Desember ini di dua tempat berbeda.

Tempat pertama yang akan dijadikan tempat konser adalah Resto Arjuna, Jl. Lingkar Utara Gondang Manis (sebelah barat Kampus UMK) pada hari Senin malam Selasa tanggal 11 Desember 2017. Besoknya, pada hari Selasa malam rabu tanggal 12 Desember 2017, konser kedua akan dilakukan di depan SD Negeri 4 Golan Tepus kecamatan Mejobo, Kudus. Tepatnya di pelataran Bapak Ahmad Farokji Golan Tepus Kidul Gg. Dokter Anna Thesia.


Berdasarkan kabar yang kami terima dari akun Facebook resmi "Gambus Elkhairat", sebelum dimulainya acara konser gambus dan zipin akan didahului dengan acara maulidurrasul bersama Habib Syafiq bin Sholeh Al Kaff.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger