Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Resmi, STAIN Berganti Nama Menjadi IAIN Kudus

Resmi, STAIN Berganti Nama Menjadi IAIN Kudus


Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, meresmikan alih status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Launching alih status STAIN menjadi IAIN ini dilakukan di Gedung Olah Raga di Kampus Timur STAIN Kudus pada hari Sabtu tanggal 5 Mei 2018 yang lalu. Dengan demikian, kini STAIN Kudus yang selama ini telah kita kenal berubah namanya menjadi IAIN Kudus.

Seperti yang kami kutip dari Website Kementerian Agama Republik Indonesia, dalam peresmian tersebut Menteri Agama mengingatkan sivitas akademika IAIN Kudus tentang distingsi yang menjadi pembeda dengan perguruan tinggi lainnya.

"IAIN Kudus perlu ada distingsi khusus, perlu punya kekhasan dan ciri utama yang membedakannya dengan perguruan tinggi lain. Jadi mahasiswa, dosen dan sivitas akademika IAIN Kudus bisa dikenali oleh dunia luar ketika menjalin interaksi. Harus dipikirkan mulai saat ini. Minimal, mulai dipahami siapa itu Sunan Kudus." 

"Sivitas Akademika IAIN Kudus, baik mahasiswa, dosen atau yang lainnya, harus memiliki pemahaman secara komprehensif tentang siapa Beliau, mengapa Beliau dikenal sangat alim, apa ilmu dan kealiman Beliau. Sivitas Akademika juga harus mampu memahami prinsip-prinsip dasar yang diperjuangkan Sunan Kudus. Kemudian, esensi perjuangan Beliau kita kontekstualisasikan pada zaman kekinian. Atau pelajaran tentang Sunan Kudus menjadi mata kuliah wajib di sini, agar kita semua paham ajaran Beliau dan melestarikannya. Jika tidak kita, lalu siapa lagi." 

"Sekali lagi, silahkan dicari sesuatu yang khusus di IAIN ini. Saya berharap betul untuk segera dirumuskan secara matang", begitulah yang disampaikan Menteri Agama dalam sambutannya.

foto oleh kementerian Agama RI
Dalam Launching tersebut, hadir para pemimpin PTKIN dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan daerah lainnya. Hadir pula Kabalitbang dan Diklat Abd Rahman Mas'ud, Kakanwil Kemenag Jateng Farhani, para kepala MAN, MTsN dan MIN Kudus dan sekitarnya. 

IAIN Kudus juga telah mengenalkan logo barunya, seperti yang kami lihat dalam laman facebook beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa nya. Logo baru tersebut didominasi dengan warna hijau dan kuning keemasan. Logo tersebut berbentuk seperti mahkota bunga berjumlah lima mahkota dengan warna keemasan di dalamnya dan warna hijau di tepiannya.

Di tengah-tengah logo IAIN Kudus terdapat gambar globe atau bola dunia dengan aksen warna hijau yang di dalamnya terdapat gambar Menara Kudus dengan tinta warna keemasan. Di bawah nya terdapat tulisan IAIN yang berbentuk seperti kelopak bunga berwarna hijau dan kata Kudus menjadi dasar bunga dengan warna keemasan. 
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger