Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Ceramah Habib Umar bin Hafidz: Jangan Jadikan Masjid Tempat Memecah Belah Ummat

Ceramah Habib Umar bin Hafidz: Jangan Jadikan Masjid Tempat Memecah Belah Ummat

Perpecahan diantara barisan kaum Muslimin adalah sebab utama kekalahan dan kebinasaan. Penyebabnya karena mereka di dalam masjid, memasukkan pemikiran-pemikiran mereka yang di dalamnya terdapat hawa nafsu untuk kepentingan politik tertentu dan kepentingan kelompok tertentu, bukan untuk kepentingan umat manusia. Sesungguhnya masjid itu dibangun untuk menghubungkan manusia dengan ajaran Allah Subhanahuwata'ala serta membersihkan hati mereka dari kotoran-kotoran hawa nafsu.

Sebagaimana orang yang masuk ke dalam masjid adalah orang-orang yang beragam, dari berbagai latar belakang, mereka masuk ke dalam masjid untuk bersujud dan patuh kepada Allah Subhanahuwata'ala. Dan mereka tidak membawa omongan-omongan yang berkaitan dengan kesibukan duniawi mereka, tetapi hanya karena Allah Subhanahuwata'ala.

Yang berkumpul di dalam masjid beragam orang, ada pengusaha, ada pegawai, dan berbagai pekerjaan lainnya yang seharusnya diberikan kepada mereka hal-hal yang dibutuhkan mereka yang ada di dalam masjid.

Masing-masing dari mereka tidak berbicara kepentingan pribadi mereka, apabila ada pedagang datang ke masjid untuk berjualan maka kita mengatakan, "Semoga Allah membuat daganganmu tidak laku di dalam masjid, bukan disini tempatnya untuk berjualan".

Kalau ada orang yang bekerja sebagai seorang tukang jahit membawa peralatannya ke dalam masjid kita akan mengatakan, "Bukan disini tempatnya untuk mengerjakan pekerjaan kalian.

Dan begitu juga tidak dibenarkan untuk membawa orang-orang yang berpolitik ke dalam masjid, kita katakan kepada mereka, "Bukan disini tempatnya untuk berpolitik, bawalah ke tempat-tempat kalian sendiri, karena Masjid adalah tempat yang Agung".

Sesungguhnya Rumah Allah Ta'ala adalah rumah yang kita ambil cahaya di dalam masjid untuk dibawa ke lingkungan kita. Kita harus mengabarkan kepada orang tentang keagungan dan kemuliaan masjid.

أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

"Sesungguhnya hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram" (QS. Ar Ra'du : 28)

Di masjid-masijd diizinkan oleh Allah untuk mengangkat dan mengagungkan Nama Allah Subhanahuwata'ala.

Ketahuilah dengan kalian membawa ajaran Islam dengan benar, di tempat kalian ini, maka hendaknya kalian menjadi pionir dalam menjaga keamanan Umat Islam dan menjaga keamanan Umat lainnya, jangan sampai membuat bahaya kepada mereka, buat mereka merasa aman, dan tidak ada gangguan yang bersumber dari kita.

Dan kami akan mengajarkan kalian sebuah ayat dari Al Qur'an yang bisa dijadikan Doa ketika dalam peperangan  :

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا
وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Rabbanaghfirlana dzunuubanaa wa israafana fii amrina watsabbit aqdamana wan shurna ‘alal qaumil kafirin”

“Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kufur kepada engkau.” (QS. Al Baqarah : 147)

Doa ini adalah doa yang dibaca Rasulullah dan Para Sahabat Nabi ketika malam menuju Perang Badar. Kemudian perbanyak Dzikir يَا حَىُّ يَا قَيُّومُ "Yaa Hayyu Yaa Qoyyuum" dibaca sebanyak-banyaknya. Kita menjaga sholat berjamaah, perbanyak baca Al Qur'an, Perbanyak Dzikir, dan Perbanyak Bersholawat kepada Rasulullah. Semoga Allah memperkuat hubungan kalian dengan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Aamiin...



Diterjemahkan oleh Habib Jindan bin Novel dan Syaikh Ridwan Al Amri, 'Dalam Acara Tasyakuran HUT ke-72 TNI di GOR Ahmad Yani, Markas Besar TNI, Cilangkap, JakartaTimur, Rabu, 18 Oktober 2017
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger