Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Hari Ini Akan Digelar Haul Dua Ulama Cikal Bakal Desa di Gebog

Hari Ini Akan Digelar Haul Dua Ulama Cikal Bakal Desa di Gebog


21 Muharram di Kecamatan Gebog, khususnya di dua desa, ada agenda haul ulama yang menjadi cikal bakal dan penyebar agama islam di dua desa tersebut. Setiap tahu, masyarakat desa setempat memperingati haul beliau berdua untukmengenang sekaligus menceritakan kepada generasi penerus atas keteladanan-keteladanan serta perjuangan para pendahulu mereka dalam menebarkan islam yang damai serta membangun masyarakat desanya.

Peringatan Haul Akbar yang pertama pada 21 Muharram ini adalah Haul Mbah Surongawi sebagai cikal bakal dukuh Karang Mojo di Desa Getasrabi Kecamatan Gebog. Haul tahun 1440 H ini merupakan haul ke 19 beliau yang akan diperingatipada hari ini Senin 1 Oktober 2018 mulai ba’da dhuhur di Halaman Masjid Baitur Rohim, Karang Mojo, Getasrabi.

Peringatan Haul Mbah Surongawi juga akan dibarengi dengan acara empat belasan Jamiyyah NU Ranting Getas Rabi yang akan diisi oleh KH. Idham Khalid. Acara Haul tersebut juga rencananya akan dihadiri oleh Bupati Kudus Bapak HM Tamzil.


Haul kedua pada hari ini merupakan haul akbar Mbah Sigawe di daerah Bonalas Besito. Dalam bahasa Indonesia, alas berati suatu tempat yang dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan sehingga menyerupai hutan. 

Pada jaman dahulu, di daerah tersebut sama sekali tidak ada manusia yang menempati dan membangun tempat tinggal di daerah tesebut, sampai akhirnya ada seseorang yang bernama Mbah Sigawe yang mendirikan sebuah gubug di daerah tersebut. Mbah Sigawe sendiri dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai orang yang memberi nama Dukuh Bonalas. Setelah Mbah Sigawe mendirikan sebuah gubug di daerah tersebut, lama kelamaan orang-orang yang belum mempunyai tempat tinggal akhirnya datang ke daerah tersebut dan mendirikan sebuah tempat tinggal. Dan akhirnya daerah tersebut tidak lagi berupa alas tetapi berubah menjadi sebuah pemukiman.

Haul Mbah Sigawe akan diperingati dengan mengadakan pengajian di halaman Makam Mbah Sigawe, Kebonalas Besito pada hari ini Senin 1 Oktober 2018 pukul 19.00 WIB (ba’da isya awal) bersama Habib Husain Albi Bin Yahya al Jufri, habib Shodiq bin Ja’far Baharun, Habib Ali Zainal Abidin Bin Ja’far Baharun, KH. M. Zainuri Ahmad, dan Kyai Imam Fathoni. Pengajian tersebut juga akan dimeriahkan dengan kehadiran Al Mubarrok Qudsiyyah berserta Gus Apank.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger