Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Maulid, Ikatan Remaja Masjid Kyai Telingsing Gelar Lomba Rebana

Maulid, Ikatan Remaja Masjid Kyai Telingsing Gelar Lomba Rebana


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang tengah bergulir identik dengan diadakannya majelis-majelis ilmu dalam bentuk pengajian umum maupun telaah kitab dan pembacaan Kitab-kitab Maulid. Satu lagi yang tak boleh ketinggalan yaitu hadirnya grup-grup rebana yang mengiringi atau mengisi hiburan di sela-sela acara pengajian.

Rebana merupakan salah satu cara penyebaran syi’ar islam melalui kesenian dan kebudayaan. Di Kudus sendiri, Rebana telah populer di kalangan anak-anak muda dan telah mengambil hati mereka. Melalui lantunan qasidah sholawat dan iringan rebana, anak-anak muda yang dahulu awam dengan kesenian islam, akhir-akhir ini menjadi respek terhadap kesenian islam itu sendiri. Anak-anak muda yang biasanya menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong itu pun jadi mau mendatangi majelis-majelis taklim secara berbondong-bondong karena ketertarikannya akan qasidah sholawat yang diiringi rebana dalam acara itu.

Hal inilah yang nampaknya melandasi diadakannya Lomba Rebana 2018 tingkat Kabupaten Kudus dalam acara Peringatan Maulid oleh Remaja Masjid Kyai Telingsing, Sunggingan Kudus. Lomba rebana ini nantinya akan dirangkai dengan pengajian umum peringatan Maulid Nabi  Muhammad SAW. 

Peserta yang telah mendaftarkan diri diwajibkan mengikuti Technical Meeting pada tanggal 23 November  2018 di Masjid Kyai Telingsing. Grup-grup rebana yang telah mendaftar nantinya akan menampilkan dua lagu qasidah sholawat. Qasidah Yaa Asyiqol MUsthofa menjadi lagu wajib dalam lomba tersebut. Selain lagu qasidah tersebut, lagu sesuai pilihan peserta akan menjadi penampilan kedua.  

Dengan durasi tampil 15 menit, para peserta akan dinilai oleh tim juri perihal kekompakan, lantunan nada, kreativitas, dan estetika dalam membawakan qasidah sholawat. Peserta dibatasi maksimal 15 orang dalam satu grup dengan dua oang pendamping dan diharuskan mebawa alat-alat rebana sendiri dengan persyaratan tidak boleh menggunakan alat musik elektrik atau yang memiliki notasi seperti angklung, gitar, suling, pianika, dan sejenisnya. Hadiah menarik telah disiapkan oleh panitia meliputi sertifikat dan uang pembinaan senilai total dua juta Rupiah lebih. 

Lomba Rebana itu sendiri akan digelar pada hari Sabtu 24 November 2018 mulai pukul 08.00 WIB. Sementara itu, pada hari Ahad malam Senin 25 November 2018, akan dilangsungkan pengajian umum Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Halaman Masjid Kyai Telingsing. Dalam acara pengajian tersebut juga akan dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Rebana dan penampilan para pemenang.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger