Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Nasab Mulia Nabi Muhammad SAW

Nasab Mulia Nabi Muhammad SAW

Beliau (baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم) adalah seorang Sayyid, seorang pemimpin yang sangat mulia. Yang kita manusia semuanya (ikut) menjadi mulia sebab wujudnya beliau صلى الله عليه وسلم, beliau bernama Muhammad ibnu Abdillah, dari istrinya Abdullah yang bernama Aminah binti Wahb az-Zuhriyyah al-Qurasyiyyah. Ini adalah ibunya nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Abdullah (ayahnya nabi Muhammad) putra dari Abdul Muththalib, dari istrinya Abdul Muththalib yang bernama Fathimah binti Amr al-Makhzumiyyah al-Qurasyiyyah.

Abdul Muththalib putra dari Hasyim, dari istrinya Hasyim yang bernama Salmaa binti Amr an-Najjaariyyah al-Khazrajiyyah.

Hasyim putra dari Abdu Manaf, dari istrinya Abdu Manaf yang bernama Atikah binti Murrah as-Sulamiyyah.

Abdu Manaf putra dari Qushayyi, dari istrinya Qushayyi yang bernama Huyyai binti Hulail al-Khuza'iyyah.

Kemudian Qushayyi ini putra dari Sayyid Kilab, dari istrinya Sayyid Kilab yang bernama Fathimah binti Sa'd. Fathimah binti Sa'd ini adalah wanita keturunan Yaman dari qabilah Azdu Syanu'ah.

Sayyid Kilab putra dari Sayyid Murrah, dari istrinya Sayyid Murrah yang bernama Hindun binti Sarir dari qabilah Bani Fihr bin Malik.

Murrah putra dari Ka'b, dari istrinya Ka'b yang bernama Wahsyiyyah binti Syaiban dari qabilah Bani Fihr juga.

Ka'b putra dari Sayyid Lu'ayy, dari istrinya Sayyid Lu'ayy yang bernama Ummu Ka'b Mariyah binti Ka'b dari Bani Qudho'ah.

Sayyid Lu'ayy, putra dari Sayyid Ghalib, dari istrinya Sayyid Ghalib yang bernama Ummu Lu'ayy Salma binti Amr al-Khuza'i.

Sayyid Ghalib putra dari Sayyid Fihr, dari istrinya Sayyid Fihr yang bernama Ummu Ghalib Laila binti Sa'd dari qabilah Hudzail. Dan Fihr inilah yang dijuluki dengan nama QURAISY.

Kemudian Fihr adalah putra dari Sayyid Malik, dari istrinya Sayyid Malik yang bernama Jundulah bintu al-Harts dari qabilah Jurhum, Yaman.

Kemudian Malik adalah putra dari an-Nadhr, dari istrinya an-Nadhr yang bernama Atikah binti Adwan dari qabilah Qais Aylan.

Kemudian an-Nadhr adalah putra dari Sayyid Kinanah, dari istrinya Sayyid Kinanah yang bernama Barrah binti Murr bin 'id.

Kemudian Sayyid Kinanah adalah putra dari Sayyid Khuzaimah, dari istrinya Sayyid Khuzaimah yang bernama 'Uwanah binti Sa'd dari qabilah Qais Aylan.

Kemudian Sayyid Khuzaimah adalah putra dari Sayyid Mudrikah, dari istrinya Sayyid Mudrikah yang bernama Salma binti Aslam dari qabilah Qudha'ah.

Kemudian Sayyid Mudrikah adalah putra dari Sayyid Ilyas (ini bukan Nabi Ilyas, akan tetapi orang yang bernama Ilyas) dari istrinya Sayyid Ilyas yang bernama Khandaf.

Kemudian Sayyid Ilyas adalah putra dari Sayyid Mudharr, dari istrinya Sayyid Mudharr yang bernama ar-Rabab binti Jundah bin Ma'd.

Kemudian Sayyid Mudharr adalah putra dari Sayyid Nizar, dari istrinya Sayyid Nizar yang bernama Saudah bintu 'Akk.

Kemudian Sayyid Nizar adalah putra dari Sayyid Ma'd, dari istrinya Sayyid Ma'd yang bernama Mu'anah binti Jausyam dari qabilah Jurhum.

Kemudian Sayyid Ma'd adalah putra dari Sayyid 'Adnan. Para ulama ahli nasab, semuanya sepakat bahwa Sayyid 'Adnan adalah termasuk dari keturunannya Sayyidina Isma'il bin Ibrahim على نبينا وعليهم أفضل الصلاة وأتمّ التسليم

Inilah Nasabnya Baginda Rasulillah صلى الله عليه وسلم yang disepakati Shahihnya oleh para ulama ahli Tarikh (Sejarah), dan ulama ahli Hadits.

Adapun nasab selebihnya Sayyid Adnan ini, ada perbedaan pendapat. Akan tetapi kesemuanya mengarah kepada kesepakatan bahwa nasabnya RasuliLLAH صلى الله عليه وسلم itu bersambung kepada Sayyid Isma'il bin Ibrahim, yakni ayah dari para Nabi.

Inilah  nasab yang mulia sebagaimana kita lihat. Yaitu ayah-ayah, datuk-datuknya nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم adalah orang-orang yang disucikan. Dan ibu-ibu serta nenek-neneknya baginda Nabi صلى الله عليه وسلم yang disucikan semuanya.

Tidak henti-hentinya Rasulullah صلى الله عليه وسلم itu berpindah-pindah dari tulang rusuknya datuk-datuk beliau kepada rahim-rahimnya nenek-nenek beliau, SEHINGGA Allah سبحانه وتعالى memilih ayah beliau yang bernama Abdullah, dan ibunya beliau yang bernama Aminah, sehingga lahirlah beliau dengan nasab yang suci.

Sehingga Allah سبحانه وتعالى memilihkan buat beliau صلى الله عليه وسلم sebagai orang yang menunjukkan kepada agama Islam. Hingga semuanya, khususnya orang-orang Arab, mengenal beliau صلى الله عليه وسلم sebagai orang yang menjadi inti dari qabilah Quraisy yang terhormat.

Seluruh dari datuk-datuk beliau dan nenek-nenek beliau, semuanya adalah orang-orang yang tercatat di dalam sejarah sebagai orang yang terpandang.

Sebagaimana disebutkan dalam salah satu Sya'ir:

حَفِظَ الْإِلٰهُ كَرَامَةً لِمُحَمَّدٍ  آبَاءَهُ الْأَمْجَادُ صَوْنًا لِاسْمِهِ

Allah سبحانه وتعالى menjaga kemuliaan buat nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, yaitu dengan ayah dan para datuknya yang mulia-mulia semuanya, demi menjaga nama baiknya baginda Rasulillah صلى الله عليه وسلم

تَرَكُوا السِّفَاحَ فَلَمْ يُصِبْهُ عَارُهُ  مِنْ آدَمٍ وَإِلٰى أَبِيْهِ وَأُمِّهِ

Semuanya (dari para leluhur nabi) itu meninggalkan perzinahan, hingga beliau صلى الله عليه وسلم tidak dikenali oleh aibnya perbuatan zina, semenjak Nabi Adam hingga sampai kepada ayah dan ibunya nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

Ini adalah nasab beliau صلى الله عليه وسلم. Kita semua kalau ditanya apa pentingnya mempelajari atau mengenal nasab beliau صلى الله عليه وسلم? Apakah ada dalilnya?

Maka jawab kepada orang yang mempertanyakan hal ini, kita ini ingin atau tidak, diakui sebagai ummatnya beliau صلى الله عليه وسلم

Jika kita merasa ingin diakui sebagai ummatnya beliau صلى الله عليه وسلم maka sudah semestinya kita mengenal siapakah beliau, siapa nasab-nasab beliau.

Mudah-mudahan dengan mempelajari nasab-nasab beliau صلى الله عليه وسلم kita semua mendapatkan berkah dan diridhoi oleh Allah سبحانه وتعالى



Kajian Kitab Nurul Yaqin fii Siirati Sayyidil Mursaliin bersama Habib Idrus Muhammad bin Yahya Kudus
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger