Yang dimaksud dengan amil zakat ialah suatu panitia atau
badan yang dibentuk oleh pemerintah untuk menangani masalah zakat dengan segala
persoalannya. Ada beberapa syarat yang dipenuhi dalam diri amil yaitu; 1) beragama Islam, 2) mukallaf (sudah baligh dan
berakal), 3) merdeka (bukan budak), 4) adil dengan pengertian tidak
pernah melakukan dosa besar atau dosa kecil secara kontinyu, 5) bisa melihat,
6) bisa mendengar, 7) laki-laki, 8) mengerti terhadap tugas-tugas yang menjadi
tanggungjawabnya, 9) tidak termasuk ahlul-bait atau bukan keturunan Bani Hasyim
dan Bani Muththalib dan 10) bukan mawali ahlul-bait atau budak yang
dimerdekakan oleh golongan Bani Hasyim dan Bani Muththalib. Sedangkan
tugas-tugas yang diamanatkan kepada amil zakat adalah sebagai berikut
Tugas-tugas Amil Zakat.
1. Menginventarisasi (mendata) orang-orang
yang wajib mengeluarkan zakat.
2. Menginventarisasi orang-orang yang berhak
menerima zakat
3. Mengambil dan mengumpulkan zakat.
4. Mencatat harta zakat yang masuk dan yang
dikeluarkan.
5. Menentukan ukuran (sedikit dan banyaknya)
zakat.
6. Menakar, menimbang, menghitung porsi
mustahiqqus zakat
7. Menjaga keamanan harta zakat
8. Membagi-bagikan harta zakat pada
mustahiqqin.
Mengingat bahwa tugas-tugas yang telah disebutkan
di atas tidak mungkin dilakukan oleh satu orang atau dua orang, melainkan dari
masing-masing tugas harus ada yang menangani secara khusus maka ada beberapa
macam amil sesuai dengan tugas-tugasnya. Macam-macam
Amil Zakat
1. Orang yang mengambil dan mengumpulkan
harta zakat.
2. Orang yang mengetahui orang-orang yang
berhak menerima zakat.
3. Sekretaris
4. Tukang takar, tukang nimbang, dan orang
yang menghitung zakat
5. Orang yang mengkoordinir pengumpulan
orang-orang yang wajib zakat dan yang berhak menerima.
6. Orang yang menentukan ukuran (sedikit
banyaknya) zakat.
7. Petugas keamanan harta zakat.
8. Orang yang membagi-bagikan zakat.
Berikut adalah Hasil Keputusan Bahts Masail PWNU
Jatim 2005 di PP. Sidogiri Pasuruan
Dalam kitab-kitab fiqh, amil zakat dibentuk oleh
imam. Dan fiqih tidak menjelaskan secara rinci tentang mekanisme
pembentukannya. Apakah pembentukan itu dari inisiatif imam atau pengajuan dari
bawah. Sementara yang terjadi di masyarakat, ada yang dibentuk oleh lurah,
camat, bupati dst. Ada pula komunitas masyarakat (RT, ormas masjid, lembaga
pendidikan, dan bahkan PKK) yang membentuk panitia zakat kemudian diajukan
kepada pemerintah setempat, (lurah, camat, atau bupati) untuk dimintakan SK
agar diakui keberadaannya.
Pertanyaan :
a. Siapakah yang dimaksud imam untuk membentuk amil
zakat ?
b. Bagaimana dengan Undang-undang Zakat tentang
konsep amil dan mekanisme kerjanya?
Jawaban :
a. Imam dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia adalah Kepala Pemerintahan dalam hal ini Presiden. Adapun terkait
dengan pembentukan amil zakat adalah presiden dan orang-orang diberi wewenang
membentuk amil sebagaimana diatur oleh UU Zakat, yaitu Gubernur, Bupati/Wali
Kota dan Camat.
Catatan : Kepala desa / Lurah tidak termasuk
orang-orang diberi wewenang membentuk amil zakat.
Maraji :
نهاية
المهتاج
الجزء
السادس
ص
168 ما
نصه
:
ويجب
على
الامام
او
نائبه
بعث
السعاة
لأخذ
الزكاة
(وليعلم)
الامام
او
الساعي
ندبا
(شهرا
لاخذها)
اي
الزكاة
ليتهيأ
ارباب
الاموال
لدفعها
والمستحقون
لأخذها،
ويسن
كما
نص
عليه
كون
ذلك
الشهر
المحرم
لانه
اول
العام
الشرعي،
ومحل
ذلك
فيما
يعتبر
فيه
الحول
المختلف
في
حق
الناس.
الباجورى
جزء
1 ص
290 ما
نصه
:
(قوله العامل
من
إستعمله
الإمام
الخ)
أي
كساع
يجبيها
وكاتب
يكتب
ما
أعطاه
أرباب
الأموال
وقاسم
يقسمها
على
المستحقين
وحاشر
يجمعهم
لا
قاض
ووال
فلا
حق
لهما
فى
الزكاة
بل
حقهما
فى
خمس
الخمس
المرصد
للمصالح
موهبة
ذي
الفضل
على
شرح
مقدمة
بافضل
الجزء
الرابع
ص
120 ما
نصه
:
(و) الصنف
الخامس
(والعاملون
عليها)
ومنهم
الساعي
الذي
يبعثه
الإمام
لأخذ
الزكوات
وبعثه
واجب
(قوله
والعاملون
عليها)
أي
الزكاة
يعنى
من
نصبه
الإمام
فى
أخذ
العمالة
من
الزكوات—إلى
أن
قالـــ--ومقتضاه
أن
من
عمل
متبرعا
لايستحق
شيأ
على
القاعدة.
الفتاوي
الكبرى
الفقهية
لابن
حجر
الهيتمي
4 ص
116
(وسئل) بما
لفظه
هل
جواز
الاخذ
بعلم
الرضا
من
كل
شئ
ام
مخصوص
بطعام
الضيافة
(فأجاب)
بقوله
الذي
دل
عليه
كلامهم
انه
غير
مخصوص
بذالك
وصرحوا
بان
غلبة
الظن
كالعلم
بذالك
وحينئذ
فمتى
غلب
على
ان
المالك
يسمح
له
بأخذ
شئ
معين
من
ماله
جاز
له
أخذه
ثم
بان
خلاف
ظنه
لزمه
ضمانه
والا
فلا
المهذب
ج:
1 ص:
355- 356
وإن
دفع
إليه
دينارا
وأمره
أن
يشتري
شاة
فاشترى
شاتين
فإن
لم
تساو
كل
واحدة
منهما
دينارا
لم
يلزم
الموكل
لانه
لا
يطلب
بدينار
ما
لا
يساوي
دينارا
وإن
كان
كل
واحدة
منهما
تساوي
دينارا
نظرت
فإن
اشترى
في
الذمة
ففيه
قولان
أحدهما
أن
الجميع
للموكل
لان
النبي
صلى
الله
عليه
وسلم
دفع
إلى
عروة
البارقي
دينارا
ليشتري
له
شاة
فاشترى
شاتين
فباع
إحداهما
بدينار
وأتى
النبي
صلى
الله
عليه
وسلم
بشاة
ودينار
فدعا
له
بالبركة
ولان
الإذن
في
شاة
بدينار
إذن
في
شاتين
بدينار
لان
من
رضي
شاة
بدينار
رضي
شاتين
بديناروالثاني
أن
للموكل
شاة
لانه
أذن
فيه
والأخرى
للوكيل
لانه
لم
يأذن
فيه
الموكل
فوقع
الشراء
للوكيل
فإن
قلنا
إن
الجميع
للموكل
فباع
إحداهما
فقد
خرج
أبو
العباس
فيه
وجهين
أحدهما
أنه
لا
يصح
لانه
باع
مال
الموكل
بغير
إذنه
فلم
يصح
والثاني
أنه
يصح
لحديث
عروة
البارقي
والمذهب
الأول
والحديث
يتأول
ن
قلنا
إن
للوكيل
شاة
استرجع
الموكل
منه
نصف
دينار
وإن
اشترى
الشاتين
بعين
الدينارفإن
قلنا
فيما
اشترى
في
الذمة
إن
الجميع
للموكل
كان
الجميع
ههنا
للموكل
وإن
قلنا
إن
إحداهما
للوكيل
والأخرى
للموكل
صح
الابتياع
للموكل
في
إحداهما
ويبطل
في
الأخرى
لانه
لا
يجوز
أن
يحصل
الابتياع
له
بمال
الموكل
فبطل
b. Mencermati undang-undang zakat yang ada, konsep
pembentukan amil versi undang-undang zakat sesuai dengan konsep fikih. Sedang
mekanisme tata kerjanya masih perlu untuk disempurnakan, karena ada tugas-tugas
dan kewenangan amil yang belum terakomodir dalam UU zakat, diantaranya
kewenangan mengambil zakat secara paksa jika ada muzakki yang menolak membayar
zakat.
Dokumentasi PISS KTB
Posting Komentar