Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Saat KH. Said Aqil Siradj dan Gus Baha Napak Tilas di Pesantren Leluhurnya

Saat KH. Said Aqil Siradj dan Gus Baha Napak Tilas di Pesantren Leluhurnya


4 Dzulqaidah 1440 H menjadi hari yang spesial bagi Pondok Pesantren Damaran 78 yang terletak di daerah desa Damaran Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Pasalnya, dua ulama besar keturunan pendirinya bertemu dalam acara  Halal bi Halal pada waktu itu. Adalah KH. Sail Aqil Siradj yang saat ini mejadi ketua PBNU dan KH. Ahmad Baha’uddin atau yang akrab disapa Gus Baha  saling bersilaturrahim di Pesantren Damaran 78.

Acara bertema “Napak Tilas KH. Said Aqil Siraj ke Pesantren Leluhur” menjadi tagline acara itu dan disebarkan melalui berbagai media sosial. Usai menghadiri pelantikan PCNU Pati, ziarah ke makam Mbah KH. Mutamakkin Kajen dan kunjungan ke ndalem KH. Muazd, Kiai Said Aqiel Siradj meneruskan perjalanan ke Kudus untuk menghadiri pelantikan PCNU Kabupaten Kudus, pada ahad malam, 7 Juli 2019 yang lalu.

Sebelum ke lokasi pelantikan PCNU Kudus, Kiai Said menyempatkan mampir ke Ponpes Damaran 78 Kudus dan bertemu KH. Ahmad Baha’uddin yang mengasuh pesantren Damaran 78 Kudus, peninggalan canggah Kiai Said.

Dihadiri oleh ratusan santri Damaran dan dzurriyah Mbah Asnawi sepuh, Kiai Said pun menyempatkan berdiolog dengan para santri Damaran dengan didampingi Gus Baha’ dan para dzurriyah pendiri pesantren. Forum tersebut pun lebih banyak diisi dengan bahasan-bahasan ringan namun penuh makna serta tak lupa canda tawa yang dilontarkan oleh kedua ulama tersebut. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Gus Baha pun juga merupakan pengasuh pesantren yang punya jadwal kajian tersendiri di Pesantren Damaran 78.


Dalam kesempatan itu, Kyai Said yang juga masih keturunan Mbah Asnawi Sepuh pun merasa bersyukur dapat bertabarruk dengan mengunjungi pesantren Damaran 78 serta ke makam Mbah Asnawi. Dalam foto yang kami peroleh dari rekan Syafi’i pun tampak Kyai Said dan Gus Baha menyempatkan diri berbincang berdua di Ndalem Inti Pesantren tersebut sambil membuka beberapa kitab.

Kyai Said dan Gus Baha merupakan keturunan dari pendiri Pesantren Damaran 78 yakni KH. Ahmad Sholeh Bin KHR. Asnawi Sepuh. Berikut ini adalah silsilah kedua ulama tersebut:.

Silsilah KH. Said Aqil Siraj ke keluarga Ponpes Damaran 78 Kudus
1. KH. Said Aqil Siraj, bin
2. KH. Aqil, bin
3. Nyai Fathimah, binti
4. Nyai Fadhilah, binti,
5. KH. Ahmad Sholeh, bin
6. KHR. Asnawi Sepuh.

Silsilah Gus Baha’ hingga sampai kepada pendiri Ponpes Damaran 78 Kudus:
1. KH. Ahmad Baha’uddin, bin
2. Nyai Zuhanidz, binti
3. Nyai Fathimah, binti
4. Nyai Shofiyah, binti
5. Nyai Hafshoh, binti
6. KH. Ma’shum, bin
7. KH. Ahmad Sholeh, bin
8. KHR. Asnawi Sepuh.



Sumber berita dan foto: Syafi'i
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger