Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Tanggul Sungai Piji Jebol, Banser Mejobo Bantu Penanggulangan Pasca Banjir

Tanggul Sungai Piji Jebol, Banser Mejobo Bantu Penanggulangan Pasca Banjir


Tanggul Sungai Piji yang membentang sepanjang Desa Kesambi kecamatan Mejobo dikabarkan jebol sepanjang kurang lebih 35 meter. Jebolnya tanggul tersebut membuat bencana banjir terjadi di daerah Desa Kesambi yang merendam puluhan rumah.

Berdasarkan informasi yang beredar, ketinggian banjir sendiri diperkirakan mencapai 20 cm dan memasuki rumah-rumah warga. Surutnya banjir tersebut dimanfaatkan oleh BPBD, aparat,  dan masyarakat untuk membersihkan sisa-sisa banjir dan memperbaiki tanggul yang jebol.

Berada di wilayah Kecamatan Mejobo, Ansor Banser Mejobo pun langsung menerjunkan para personilnya untuk membantu pembersihan sisa-sisa banjir sekaligus ikut berpartisipasi dalam pemulihan keadaan. Bahu membahu bersama tim BPBD, apparat TNI, dan masyarakat sekitar, tim Ansro Banser Kecamatan Mejobo langsung memperbaiki tanggul Sungai Piji yang jebol.

Foto: Jembatan 3 Kesambi
Perbaikan tersebut bersifat sementara karena mengunakan bambu-bambu yang telah dipersiapkan. Diangkut dengan mobil bak terbuka, logistik pembangunan tanggul sementara kemudian langsung diturunkan di dekat tanggul yang jebol.

Selain memperbaiki tanggul yang jebol, Ansor Banser Kecamatan Mejobo juga langsung terjun langsung ke sungai tepatnya disekitar Jembatan 3 Kesambi. Mereka membersihkan Sangkrah-sangkrah yang menyangkut di tiang bawah Jembatan 3 Kesambi yang kemungkinan menjadi salah satu penyebab tanggul jebol karena aliran sungai yang tidak lancar.

Pembersihan bawah Jembatan 3 Kesambi dibantu dengan alat berat yang diterjunkan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Kudus ke lokasi. Dari pengangkatan sampah-sam[pah yang tersangkut, sampah didominasi oleh ranting dan batang-batang pohon yang kemungkinan terbawa aliran dari hulu sungai di daerah gunung muria.



Sumber informasi dan foto: Nuril Anwar
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger