Rasulullah bersabda, “Andai kata orang yang melintas di dapat orang yang sedang shalat mengetahui apa dosanya, tentu ia berhenti empat puluh dan itu lebih baik baginya daripada lewat di depan orang yang sedang shalat tersebut”. Abu Nadhar berkata: “Aku tidak tahu apakah Rasulullah bersabda empat puluh hari atau bulan atau tahun.” (H.R. Bukharai).
Hadits diatas menunjukkan bahwa lewat di depan (di tempat bersujud) orang yang sedang shalat akan mendapatkan dosa dan ancaman, sehingga jika orang yang lewat tersebut mengetahui dosa yang akan ditanggungnya, tentu ia akan berhenti empat puluh hari, bulan atau tahun.
Orang yang sedang sholat memakai sutroh seperti sajadah misalnya maka haram melintasinya, dan ada pendapat dari imam Al Ghozali bahwa hal tersebut tidak haram akan tetapi makruh. Dan di sunahkan bagi orang yang sholat tersebut untuk menghadangnya dengan tangannya jika ada orang yang melintasinya.
Namun ada beberapa hal yang dikecualikan akan keharamannya melintasi orang yang sedang sholat yaitu :
1. Jika orang solat di masjidil harom maka boleh bagi orang lain melintasinya ( ini berlaku selama ia solatnya di batasan yang di perbolehkannya thowaf).
2. Jika ada seseorang yang sholat akan tetapi dia solatnya di tempat yang orang biasa lalu lalang seperti dia sholat di depan pintu.
3. Seandainya ada tempat yang kosong maka boleh bagi seseorang melintasi orang orang yang sedang solat untuk mengisi tempat tersebut.
4. Jika dia dalam keadaan terdesak seperti dia akan buang hajat ketika solat sedangkan dia misalkan berada di shof atau barisan awal maka boleh baginya untuk melintasi orang orang untuk menunaikan hajatnya.
التقريرات السديدة ج ١ ص ٢٥٠
إذا كانت السترة معتبرة فيحرم المرور و نقل الإمام النووي في مجموعه قولا عن الإمام الغزالي : أنه يكره المرور و لا يحرم و في هذا سعة لكثير من الناس
و يندب للمصلي دفع المار
و يجوز المرور مع وجود السترة في أربع حالات :
١. إذا كان في حرم مكة في محل الطواف فقط
٢. إذا قصر المصلي بأن صلى في الطريق
٣. إذا وجد المصلى فرجة فيجوز له المرور لسد الفرجة
٤. إذا كان مضطرا بأن كان يريد قضاء الحاجة أثناء الصلاة
Dengan referensi yang lain dapat dijelaskan:
1. Bila sudah ada sutrohnya seperti pakai sajadah maka lewat di sekitar sajadah tersebut adalah haram
المجموع شرح المهذب
( المسألة الثانية ) إذا صلى إلى سترة حرم على غيره المرور بينه وبين السترة ، ولا يحرم وراء السترة . وقال الغزالي " يكره ولا يحرم " والصحيح [ ص: 228 ] بل الصواب أنه حرام ، وبه قطع البغوي والمحققون ، واحتجوا بحديث أبي الجهيم الأنصاري الصحابي رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : { لو يعلم المار بين يدي المصلي ماذا عليه ؟ لكان أن يقف أربعين خيرا له من أن يمر بين يديه } رواه البخاري ومسلم ، وفي رواية رويناها في كتاب الأربعين للحافظ عبد القادر الرهاوي : { لو يعلم المار بين يدي المصلي ماذا عليه من الإثم }
2. Boleh, bila tidak ada jalan lain
فتح العلام
واعتمد الأسنوي ما نقله الإمام عن الأئمة من جواز المرور حيث لا طريق غير ما بين المصلي وسترته كما في الكردي وبشرى الكريم
الحواشي المدنية
قال الأذرعي لا شك في حل المرور اذا لم يجد طريقا سواه عند ضرورة خوف نحو بول أو لعذر يقبل منه وكل ما رجحت مصلحته على مفسدة المرور فهو في معنى ذلك
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/196355227053960/ oleh Ust. Ghufron Bangkalan
Posting Komentar