Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Bulan Sya'ban

Bulan Sya'ban

Alhamdulillah Puji dan Syukur kita panjatkan Kepada Dzhat Yang mulia Allah SWT yang mana kita masih diberikan panjang umur sehat dan iman kepadanya.

Dengan kasih sayang Allah SWT kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk menemui bulan Sya’ban yang mulia ini, ketahuilah wahai kaum muslimin dan muslimat

Bulan Sya’ban adalah salah satu bulan yang mulia, bulan yang sangat mashur dengan keberkahannya, dan juga bulan taubat, Taat dibulan ini mendapatkan pahala yang berlipat ganda, siapa orang yang memanfaatkan bulan sya’ban ini untuk taat kepada Allah dia akan beruntung ketika datang bulan ramadhan, Bulan Sya’ban adalah bulan Nabi Muhammad Saw, seperti hadist mengatakan : Bulan Rajab adalah bulan Allah, bulan Sya’ban adalah bulanku, dan bulan Romadhon adalah bulannya Ummatku, tetapi sedikit yang mengingat kemuliaan Bulan Sya’ban”.

Hal ini berarti bulan ini adalah bulan Sholawat kepada Baginda Nabi Muhammad Saw didalam kitab tuhfatu ikhwan kita dianjurkan memperbanyak sholawat kita dibulan yang mulia ini.

Di dalam kitab itupun Nabi Muhammad SAW berkata : Sesungguhanya malam Nisfu Sya’ban Allah SWT akan mengampunin semua dosa-dosa orang-orang muslim kecuali Dukun, Penyihir, peminum Arak dan Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya.

Disunnahkan Menghidupkan malam nisfu Sya’ban. Diriwayatkan Al Asfihani Didalam kitab ( Attarqib ) dari Mua’d bin jabal Nabi Muhammad Saw berkata : Siapa orang yang menghidupkan Lima malam ini balasannya adalah Syurga yaitu Malam Tarwiyah, Malam A’rofah, Malam I’dul Adha, Malam I’dul Fitri, dan Malam Nisfu Sya’ban.

Lima Malam yang disebutkan Nabi Muhammad Adalah Malam-malam ijabah mari kita ambil kesempatan yang masih Allah SWT memberikannya kepada kita, mudah-mudahan semua hajat kita dikabulkan Allah SWT.

Malam Nisfu Sya’ban Mempunyai Beberapa nama ini menunjukkan kemuliaan dari bulan tersebut antaralain : Allailatul Mubarokah, Laitul Baroaah, Lailatul Gisma wat Takdir, Dan Laitul Ijabah.

Diriwayatkan oleh sayduna Umar RA Nabi Muhammad Saw Berkata , Ada lima malam dalam satu tahun yang mana apabila seseorang berdo’a dimalam-malam itu doanya tidak akan ditolak oleh Allah yang maha Mengabulkan, diantaranya : Malam pertama dari bulan Rajab, Malam Nishfu Sya’ban, Malam Jum’at, Malam Lailatur Qodar, Malam Dua Hari Raya.

Nikmat yang begitu besar Kita Bertuhan Kepada Allah dan Bernabi Kepada Nabi Muhammad Saw, yang mana dalam Satu tahun Banyak sekali fadilah-fadilah dan keutamaan Yang Allah SWT berikan kepada kita sebagai Ummat saiduna Muhammad, Tinggal kita sebagai manusia mau atau tidak mengambil fadilah itu, kita berdoa terus kepada Yang Mulia Allah agar kita selalu dimudahkan dan diberi kenikmatan beribadah kepadanya, ya Allah Ampunin Dosa-dosa Kami Semua.



Habib Muhammad Syahab
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger