Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Kisah Hudzaifah bin Yaman Mencandai Umar bin Khatthab

Kisah Hudzaifah bin Yaman Mencandai Umar bin Khatthab

Hudzaifah bin Yaman adalah seorang sahabat yang secara khusus dididik Nabi SAW untuk mengenal kemunafikan



Diriwayatkan, suatu hari Umar bin Khatthab ra, bertemu dengan Hudzaifah bin Yaman ra, saat itu Umar sudah menjadi Amirul Mu'minin. Umar ra bertanya: "Apa kabar pagimu, wahai Hudzaifah?"



Hudzaifah ra menjawab: "Aku mencintai fitnah, membenci kebenaran, shalat tanpa wudhu, dan di bumi ini aku memiliki sesuatu yang tidak Allah miliki di langit".



Umar marah besar, tapi beliau tahan, mengingat bahwa Hudzaifah adalah sahabat dekat Nabi SAW. Kemudian beliau mendatangi Ali bin Abi Thalib ra. Ali bertanya: "Wahai Amirul Mu'minin, ada bekas marah di wajahmu".



Lalu Umar ra menceritakan ucapan Hudzaifah.



Ali ra berkata: "Jangan membuatmu marah wahai Amirul Mukminin...



Dia mencintai fitnah, maksudnya adalah ta'wil dari firman Allah: "Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah fitnah (cobaan) bagimu". (QS. At-Thaghobun/64: 15)



Dia membenci kebenaran, maksudnya adalah kematian, yang tidak bisa terelakan dan dihindari.



Dia shalat tanpa wudhu, maksudnya adalah ia bershalawat kepada Nabi SAW setiap waktu. Dan bershalawat tidak harus berwudhu.



Dia memiliki sesuatu di bumi yang tidak dimiliki oleh Allah di langit, maksudnya adalah ia beristri dan beranak, sedangkan Allah tidak beristri dan beranak.



Kemudian Umar ra berkata: "Sungguh Allah telah mendalamkan ilmumu, wahai Abu Hasan. Engkau telah menghilangkan rasa galau yang ada di dalam hatiku karena perkataan Hudzaifah".



 يروى في بعض الأخبار أن عمر بن الخطاب رضي الله عنه لقي حذيفة بن اليمان وهو يومئذ أمير المؤمنين، فقال لحذيفة: كيف أصبحت يا حذيفة؟ قال: أصبحت يا أمير المؤمنين أحب الفتنة، وأكره الحق، وأصلي بلا وضوء، ولي في الأرض ما ليس لله في السماء.



 فغضب عمر لذلك غضبا شديدا، وهمّ أن يبطش به، ثم تذكر صحبته من النبي، فأمسك، فهو كذلك اذ مرّ به عليّ ابن أبي طالب رضي الله عنه، فرأى الغضب في وجهه، فقال: ما أغضبك يا امير المؤمنين، فقصّ عليه القصّة



 فقال: يا أمير المؤمنين لا يغضبك ذلك، أما قوله: انه يحب الفتنة، فهو تأويل قوله تعالى:{ انما أموالكم وأولادكم فتنة} التغابن



 أما قوله: يكره الحق، فالحق هو الموت الذي لا بدّ منه ولا محيص عنه.



 واما قولك: يصلي بغير وضوء، فانه يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم بغير وضوء.



 وأما قوله: ان له في الأرض ما ليس لله في السماء، فان له زوجة وبنين، وليس لله شيء من ذلك



 فقال عمر: لله درّك: يا أبا الحسن، لقد كشفت عني هما عظيم





Ust. Nawas Majdub
Adv 1
Share this article :

+ comments + 2 comments

4 November 2015 pukul 08.50

Untung yang dicandai bukan orang Wahabi. Kalau Wahabi pasti udah main hajar aja tuh

21 Januari 2016 pukul 12.22

Ga ada wahaby. Wahaby apa sich? Coba abdullah bin abdul wahab. Tetanggaku namanya wahab. Orang hanya ikut-ikutan wahaby wahaby.

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger