Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » 5 Alasan Mengapa Nabi Muhammad Adalah Orang Arab (1)

5 Alasan Mengapa Nabi Muhammad Adalah Orang Arab (1)

Musim maulid seperti ini banyak sekali ceramah yang mengupas tentang kisah lahirnya Nabi Muhammad SAW. Ada satu pertanyaan menggelitik saat membahas tentang kelahiran beliau, yaitu apa rahasia dan hikmah dibalik takdir Allah SWT menetapkan bahwa Nabi dan Rasul terakhir yang risalahnya berlaku untuk seluruh umat manusia, harus beruwujud seorang Arab, yakni berbangsa dan juga berbahasa Arab. Kenapa bukan orang Eropa saja, atau Cina, atau Afrika, atau juga orang Betawi?

Kenapa Allah SWT memilih untuk menurunkan risalah abadi dan universal itu di tanah Arab? Memangnya apa sih keistimewaan Jazirah Arabia itu?

Pernyataan ini cukup menggeletik rasa ingin tahu kita, mengingat saat ini negeri Arab justru menjadi pusat konflik bersenjata international. Negeri yang tidak pernah sepi dari huru-hara dan kerusuhan. Kalau kita kaitkan dengan visi misi Islam yang salah satunya adalah rahmatan llil-alamin, rasanya kok rada kehilangan makna.

Sesungguhnya sudah ada banyak kajian tentang hal ini, salah satu apa yang ditulis oleh Syaikh Dr. Said Ramadhan Al-Buthi dan beberapa ulama lainnya.

Al-Buthi menegaskan bahwa turunnya Islam pertama di negeri arab bukan sekedar kebetulan. Juga bukan semata karena di sana ada tokoh paling jahat semacam Abu Jahal cs. Namun ada sekian banyak skenario samawi yang akhir-akhir ini mulai terkuak. Kita di zaman sekarang ini akan menyaksikan betapa rapi rencana besar dan strategi Allah jangka panjang, sehingga pilihan untuk menurunkan risalah terakhir-Nya memang negeri Arabia.

Apa yang disebutkan Al-Buthi itu benar. Negeri Arab yang meski tandus, tidak ada pohon dan air, namun negeri ini menyimpan banyak alasan untuk mendapatkan kehormatan itu. Saya mencoba menuliskan beberapa alasan rabbani dan hikmah itu, di antaranya yang bisa kita gali adalah:

1. Di Jazirah Arab Ada Rumah Ibadah Pertama

Tanah Syam (Palestina) merupakan negeri para nabi dan rasul. Hampir semua nabi yang pernah ada di tanah itu. Sehingga hampir semua agama dilahirkan di tanah ini. Yahudi dan Nasrani adalah dua agama besar dalam sejarah manusia yang dilahirkan di negeri Syam.

Namun sesungguhnya rumah ibadah pertama di muka bumi justru tidak di Syam, melainkan di Jazirah Arabia. Yaitu dengan dibangunnya rumah Allah (Baitullah) yang pertama kali di tengah gurun pasir jazirah arabia.

Rumah ibadah pertama itu menurut riwayat dibangun jauh sebelum adanya peradaban manusia. Adalah para malaikat yang turun ke muka bumi atas izin Allah untuk membangunnya. Lalu mereka bertawaf di sekeliling ka`bah itu sebagai upaya pertama menjadikan rumah itu sebagai pusat peribadatan umat manusia hingga hari kiamat menjelang.

Ketika Adam as diturunkan ke muka bumi, beliau diturunkan di negeri yang sekarang dikenal dengan India. Sedangkan isterinya diturunkan di dekat ka`bah. Lalu atas izin Allah keduanya dipertemukan di Jabal Rahmah, beberapa kilometer dari tempat dibangunnya ka`bah.

Maka jadilah wilayah sekitar ka`bah itu sebagai tempat tinggal mereka dan ka`bah sebagai tempat pusat peribadatan umat manusia. Dan di situlah seluruh umat manusia berasal dan di tempat itu pula manusia sejak dini sudah mengenal sebuah rumah ibadah.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT:

Sesungguhnya rumah yang pertama dibangun untuk manusia beribadah adalah rumah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkati dan menjadi petunjuk bagi manusia. (QS. Ali Imran: 96)



Ust. Ahmad Sarwat
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger