Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Kementerian Agama Kudus Gelar Kompetisi Sains, Seni, dan Olahraga Madrasah

Kementerian Agama Kudus Gelar Kompetisi Sains, Seni, dan Olahraga Madrasah


Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang  Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) Tingkat Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Kudus Resmi Dibuka Selasa 25 April 2017 di MTs Negeri 2 Kudus, Mejobo. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus


Sambutan pembukaan disampaikan oleh Bapak Noor Badi selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus. Beliau menyampaiakan agar Siswa Madrasah tidak boleh kalah dengan siswa sekolah lain. Menurut beliau, Siswa madrasah bisa lebih unggul dan ajang inilah sebagai wadahnya.


Berbagai perlombaan yang diikuti 700 lebih peserta dalam kompetisi ini, merupakan wadah untuk menyalurkan bakat, kemampuan, serta minat dan potensi pelajar madrasah dalam bidang sains, seni, dan olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing madrasah di era globalisasi seperti sekarang ini.


KSM ini merupakan ajang lomba berbasis ilmu pengetahuan yang melombakan mata pelajaran matematika, fisika, dan biologi yang memang diujikan saat Ujian Nasional tingkat SMP/ sederajat. Sementara itu Aksioma merupakan ajang lomba berbasis olah raga dan seni.Cabang lomba yang diadakan adalah lomba pidato, Bahasa Arab, Musabaqah Tilawatil Quran, Hafalan Quran, Kaligrafi, dan Hadrah (Rebana).


Sebelumnya juga telah diselenggarakan KSM dan Aksioma untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang diselenggarakan per kecamatan masing-masing pada tanggal 5 April 2017.


Kecamatan Kaliwungu diselenggarakan di MI Tarbiyatul Banat dan diikuti oleh 108 Peserta. Kecamatan Bae menyelenggarakannya di Sekretariat KKM MI Kecamatan Bae dengan 66 peserta. Kecamatan Dawe diselenggarakan di MI Miftahul Falah dan diikuti 126 peserta. Kecamatan Jati diselenggarakan di MI Tarbiyatul Islam Loram Wetan dengan 84 peserta. Kecamatan Gebog menyelenggrakannya di MI Tsamaratul Wathon dengan 156 peserta, Kecamatan Kota diselenggarakan di MI Trasidhut Thulab Singocandi dengan peserta sejumlah 78, Kecamatan Mejobo menyelenggarakannya di Sekretariat KKM MI Keacamatn Mejobo dengan 72 peserta, Kecamatan Jekulo diselenggarakan di Sekretariat KKM Kecamaatn Jekulo dengan 78 peserta, dan Kecamatan Undaan menyelenggarakannya di MI Miftahul Falah Undaan Tengah dengan 72 peserta.


Dengan diadakannya kompetisi ini, diharapkan pada tahun 2017 Kabupaten Kudus dapat menjadi juara umum KSM dan Aksioma Tingkat Propinsi Jawa Tengah sebagaimana pada tahun 2015, Kabupaten Kudus menjadi juara umum dalam KSM dan Aksioma Tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan di Donohudan Kabupaten Boyolali.




Sumber berita: kementerian Agama (Kemenag-Kudus)
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger