Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Sabtu Ini, Puncak Peringatan Haul KHM Irsyad dan KH. Ma'ruf Irsyad

Sabtu Ini, Puncak Peringatan Haul KHM Irsyad dan KH. Ma'ruf Irsyad


Peringatan Haul Ulama Terkenal Kota Kudus, KH. M. Irsyad dan KH. M. Ma'ruf Irsyad akan digelar pada Sabtu ini (6 Mei 2017) di Masjid Kaujon Langgar Dalem Kudus. Tahun ini merupakan Haul ke 77 bagi Almarhum KH. M. Irsyad dan Haul ke 7 bagi Almarhum KH. M. Ma'ruf Irsyad.

Sebagaimana diketahui, KH. M. Irsyad merupakan ayah dari KH. M. Ma'ruf Irsyad. KH.M Ma’ruf Irsyad lahir pada hari ahad pon, 27 Muharrom 1358 H. Yang bertepatan dengan 19 Maret 1939 M di Langgar Dalem Kudus dari pasangan KH. M. Irsyad dan Hj. Munijah. Kyai Ma’ruf merupakan anak ke sembilan dari sepuluh bersaudara. 

Namun yang hidup dari sepuluh bersaudara tersebut sampai dewasa hanya lima yaitu ibu Nyai Hj. Ruqoyyah, KH. Mas’ud , KH. Selamet Solichul Hadi, Nyai Hj. Zubaedah, dan KH. M. Ma’ruf irsyad. Ayah beliau berasal dari balung kendal, balerejo, dempet, Demak dan merupakan seorang sufi yang saleh dan handal mengaktualisasikan kitab-kitab salaf.

Pengetahuan agama yang luas serta kebijakan dan ahlaqnya yang luhur menjadi salah satu faktor KH. Ma’ruf Irsyad akhirnya menjadi kyai besar seperti abahnya. Garis keturunan belia jika ditarik ke atas adalah Ma’ruf Bin Irsyad Bin Kertonadi Bin Ahmad Yasir Bin Syariban Bin Syeh Dzakirin kemudian nasab beliau berlanjut sampai pada Pangeran Kadilangu Demak.

Bahkan sejumlah kalangan mempercayai bahwa Kyai Ma’ruf Irsyad termasuk keturunan Raden Syahid Sunan Kalijaga  Demak yang merupakan salah satu Walisongo.

Adapun ibunda Kyai Ma’ruf adalah putri dari Mbah Sumo Masijan seorang tukang jagal kerbau yang tersohor sebagai ahli bidang ilmu supranatural yang berdomisili dikota kudus, yang konon berasal dari Kadilangu Demak.

KH.M. Ma'ruf Irsyad wafat pada pagi hari Kamis Legi tanggal 10 Sya'ban 1431 H bertepatan dengan tanggal 22 Juli 2010 di RSUD Kudus padahal pada malam sebelumnya, beliau masih mengisi acara Haul Abahnya KH. M. Irsyad yang rutin diadakan setiap tahun.

Acara Haul KH.M. Irsyad dan KH. M. Ma’ruf Irsyad untuk tahun ini akan diawali dengan tahlil umum pada hari Sabtu tanggal 6 Mei 2017 di Area Makam Sedio Luhur Krapyak Kudus pada ba’da ashar. Dan malam harinya, akan diselenggarakan pengajian umum di Masjid Kaujon Langgar Dalem dengan menghadirkan penceramah KH. Ali Masyhuri dari Sidoarjo dan Habib Hasan Al Bunumay Kudus. Acar akan dimeriahkan oleh hadrah Al Mubarok dan Ust. H. Asfal Maula (Gus Apank).

Acara ini dipersembahkan oleh segenap civitas Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Jagalan Kudus yang juga sekaligus ajang reuni bagi para alumni dan para masyayikhnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger