Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Kudus Bebas Sampah dan Bagi-Bagi Jilbab Warnai CFD Alun-Alun Kudus

Kudus Bebas Sampah dan Bagi-Bagi Jilbab Warnai CFD Alun-Alun Kudus

Jurnal Pantura: kreasi pakaian dari sampah plastik
Ada yang berbeda dalam Suasana Car Free Day (CFD), Ahad 25 Februari 2018 di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. Selain kegiatan CFD seperti biasanya, terlihat dalam beberapa titik terdapat kegiatan-kegiatan yang menjadi pusat perhatian peserta CFD pagi itu.

Kegiatan pertama yang mendapatkan perhatian khusus adalah kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diseenggarakan oleh Dinas PKPLH (Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan HIdup) Kabupaten Kudus dan Komunitas Kreasi Sampah Ekonomi Kudus (Kresek). Dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut, dlakukan penandatanganan komitmen bersama agar Kudus bebas sampah pada 2020.


“Ora Nyampah Ora Susah” menjadi tagline yang didengungkan dalam acara tersebut. Dalam acara tersebut juga dilakukan edukasi memilah sampah berdasarkan jenisnya. Ada juga pameran produk daur ulang sampah, serta gerakan memungut sampah yang langsung dilakukan saat CFD tersebut. Kresek dan Dinas PKPLH juga mengadakan acara Flashmob dan tearikal peduli lingkungan hidup.


Dalam CFD hari Ahad lalu juga nampak beberapa orang perempuan berhijab menyebar di seluruh areal yang dijadikan tempat bersantai tersebut. Mereka menghampiri para wanita  dan kemudian menawarkan jilbab  yang sudah mereka persiapkan. Sebagian dari wanita yang mereka hampiri kemudian menerima tawarannya. Para wanita yang menawarkan jilbab gratis itupun dengan senang hati memasangkan jilbab gratis yang mereka tawarkan pada para wanita yang mereka tawari.

Kegiatan tersebut merupakan Gerakan Menutup Aurat (Gemar) yang diselenggarakan oleh gabungan beberapa komunitas muslim di Kota Kudus yang juga diikuti oleh Forum Mahasiswa Muslim (FORMI) Universitas Muria Kudus.


Sebanyak ratusan jilbab dibagikan secara gratis kepada para perempuan para peserta CFD . Sasaran yang dituju adalah menawarkan dan menyarankan perempuan yang belum mengenakan jilbab untuk mulai mengenalkan jilbab. Hal ini dilakukan tanpa paksaan.

Terlihat para perempuan sangat antusias mendatangi tempat pembagian jilbab gratis yang dilakukan di pojok alun-alun yang dekat dengan area Masjid Agung Kudus. Komunitas pembagi jilbab gratis itu pun menamai kegiatan mereka dengan sebutan “Ready for Syar’i”.



Foto oleh Jurnal Pantura dan Formi UMK
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger