Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Adab Sebelum dan Sesudah Maghrib

Adab Sebelum dan Sesudah Maghrib

واقرأ قبل غروب الشمس أربع سور من القرآن هي: والشمس وضحاها والليل إذا يغشى، والمعوذتين.ولتغرب عليك الشمس وأنت في الاستغفار، فإذا سمعت الأذان فاجبه، وقل بعده: اللهم إني أسألك عند إقبال ليلك، وإدبارك نهارك، وحضور صلاتك، وأصوات دعاتك: أن تؤتي محمد الوسيلة- الدعاء كما سبق.

Dan sebelum terbenamnya matahari bacalah 4 surat dari alqur'an yaitu was syamsi wadhuhaha, wallalili idza yagsya dan surat muawwidzatain. Dan ketika matahari terbenam usahakan ketika itu kamu masih dalam membaca istigfar. Ketika engkau mendengar adzan maka jawabilah, dan setelah adan selesai ucapkanlah doa," Allahumma inni as aluka inda iqbaali lailik wa idbaari naharik, wa huduri sholatik, wa aswati du'aik, an tu'tiya muhammadanil wasilata dan seterusnya yaitu doa setelah adzan yang telah disebut dahulu.

Yaa Allah sesungguhnya aku memohon kepadamu ketika datangnya malam-Mu , perginya siang-Mu, datangnya waktu sholat-Mu, dan suaranya panggilan-Mu yaitu engkau berikanlah wasilah kepada Nabi Muhammad.

ثم صل الفرض بعد جواب المؤذن والاقامة، وصل بعده قبل أن تتكلم ركعتين، فهما راتبتا المغرب وإن صليت بعدهما أربعا تطيلهن، فهن أيضا سنة.

Kemudian sholatlah fardhu (magrib) setelah menjawab adzan dan iqomat, dan sholatlah 2 rokaat setelah magrib dan sebelum berbicara, karena 2 rokaat ini termasuk rowatibnya magrib. Jika engkau sholat 4 rokaat setelah magrib dengan memperpanjang rokaatnya, maka ini juga termasuk sunnah.

وإن أمكنك أن تنوي الاعتكاف إلى العشاء، وتحيى ما بين العشاءين بالصلاة فافعل، فقد ورد في فضل ذلك ما لا يحصى، وهي ناشئة الليل؛ لأنه أول نشأه، وهي صلاة الأوابين، وسئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن قوله تعالى: (تَتَجافى جُنوبُهُم عَنِ المَضاجِع) فقال: (هي الصلاة ما بين العشاءين؛ فإنها تذهب بملاغات النهار).

Jika memungkinkan bagimu untuk niatl i'tikaf sampai waktu isya' dan hidupkanlah waktu diantara magrib dan isya' dengan sholat maka lakukanlah, karena telah ada hadis yang menerangkan fadhilah hal tersebut yang tidak terhitung jumlahnya. Sholat ini adalah sholat Nasiatul Lail, yaitu Sholat Awwabiin ( sholatnya orang-orang yang kembali kepada Allah).

Pernah Rasul ditanya mengenai ayat "Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya " (As Sajdah ayat 16), maka rasul menjawab "itu adalah sholat antara magrib dan isya' "dan sholat ini bisa menghilangkan perkara-perkara yang rusak di siang harinya.


Diambil dari Kitab Bidayatul Hidayah Karya Imam Al Ghazali Oleh PISS-KTB
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger