Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Festival Qur’an Di Kudus Akan Dibuka oleh Menteri Agama

Festival Qur’an Di Kudus Akan Dibuka oleh Menteri Agama


Ikatan Alumni Qudsiyyah bekerjasama dengan Majelis Gusjigang Kudus akan menghadirkan festival Al Qur’an jelang Ramadhan. Acara yang akan dibuka oleh Menteri Agama, Bapak Luqman Saifuddin, pada tanggal 4 Mei 2018 pukul 08.00 WIB akan dipusatkan di Lapangan Jl. KHR. Asnawi yang juga digunakan dalam peringatan Satu Abad Qudsiyyah beberapa waktu yang lalu.

Festival al Qur’an yang akan mengambil tema Pameran Khazanah Islam Nusantara dan Parade Benteng Pancasila ini akan mengawali acaranya dengan Pertunjukan Tari Gusjigang serta Putisasi al Qur’an pada tanggal 4 Mei pukul 13.00 di Hall Benteng Pancasila serta Khotmil Qur’an di Komplek Menara Kudus pada ba’da siya nya.

Dengan tagline “Muguduskan al Qur’an, Menebar Kedamaian”, acara Festival al Qur’an akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 10 Mei 2018. Festival al Qur’an ini akan menghadirkan mushfa-mushaf alqur’an dan turats-turats dari Bayt al Qur’an dan Museum Istiqlal, serta Lajnah Pentashihan Mushaf al Qur’an di Jakarta.

Lanjut pada tanggal 5 Mei, akan hadir Seminar Nasional dengan tema “Mushaf Standar Nasional Indonesia Dalam Perspektif Ilmu Rasm” pada pukul 08.00 WIB di Hall Benteng Pancasila. Di tempat yang sama pula akan hadir acara Stand Up Comedy ala Santri bertajug Banyolan Santri pada pukul 13.00 WIB. Malam harinya pengunjung akan dihibur dengan Festival Tilawah dan Terbang Klasik mulai pukul 18.30 WIB di Lapangan KHR Asnawi.

Napak Tilas Islam Nusantara akan diwarnai dengan acara Ngontel Bareng pada Ahad pagi 6 Mei 2018 oukul 06.00 WIb dengan mengambil start dan finish di Lapanga KHR Asnawi. Kesenian Lokal Kudus juga akan diangkat dalam Festival al Qur’an ini berupa Perlombaan Tongtek Ramadhan pada pukul 12.00 WIB di Hall Benteng Pancasila. Malam harinya akan ada hiburan Gambus Aladzifi mulai pukul 18.30 WIB di Lapangan KHR Asnawi.

Berlanjut ke hari Senin tanggal 7 Mei 2018 akan berlangsung Olimpiade Sains  al Qur’an pada pukul 08.00 di Madrasah Qudsiyyah Puteri. Di tempat yang lain, yaitu Hall Benteng Pancasila, juga akan berlangsung Seminar bertajug “Gusjigang dan Ketahanan Ekonomi Jawa Tengah, serta Sarasehan Benteng Pancasila Membendung narkoba. Malam harinya di tanggal yang sama akan berlangsung konser 21 Tahun Al Mubarrok Qudsiyyah di Lapangan KHR Asnawi.

Seminar Jawa Tengah Benteng Pancasila akan berlangsung keesokan harinya tanggal 8 Mei 2018 pukul 08.00 WIB di Hall Benteng Pancasial. Pada siang harinya, Khatmul Qur’an bil Khitobah yang diberi judul Nyerat al Qur’an akan berklangsung di KOmplek Menara Kudus. Malam harinya, pengunjung akan mendapatkan hibuaran teatrikal dari Grup Teater Jangkar Bumi di Lapangan KHR Asnawi.


Lomba Mewarnai Ornamen dan Kaligrafi Qur’an akan mengisi acara pada Rabu 9 Mei 2018 pukul 08.00 di Hall Benteng Pancasila. Siang harinya di tempat yang sama akan berlangsung Sarasehan Budaya Pancasila. Sarasehan Gusjigang Network juga akan disisipkan dalam rangkaian acara Festival Qur’an yang akan diselenggarakan di Hom Hotel Kudus. Malam harinya, di Lapangan KHR Asnawi, pengunjung dapat menyaksikan Konser Seni dan Sains Al Qur’an bersama Sabrang “Noe” Letto yang merupakan putra dari Cak Nun.

Kamis 10 Mei pada hari terakhir Festival Al Qur’an akan diawali dengan pemutaran film Benteng Pancasila dan pada siang harinya akan dilangsungkan action plan Gusjigang Network di Hall Benteng Pancasila. Malam hari sebagai acara penutup, akan berlangsung Ngaji Bareng dan Launching Mejelis Gusjigang di Lapangan KHR Asnawi. 
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger