Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Sholat Qobliyah dan Ba'diyah Jum'at (2)

Sholat Qobliyah dan Ba'diyah Jum'at (2)

Dalam Fathul Bari Ibnu Hajar juz’ 2 halaman 426 dijelaskan:


رَوَاهُ أَبُو دَاوُد وبن حِبَّانَ مِنْ طَرِيقِ أَيُّوبَ عَنْ نَافِعٍ قَالَ كَانَ بن عُمَرَ يُطِيلُ الصَّلَاةَ قَبْلَ الْجُمُعَةِ وَيُصَلِّي بَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ وَيُحَدِّثُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ احْتَجَّ بِهِ النَّوَوِيُّ فِي الْخُلَاصَةِ عَلَى إِثْبَاتِ سُنَّةِ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا وَتُعُقِّبَ بِأَنَّ قَوْلَهُ وَكَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ عَائِدٌ عَلَى قَوْلِهِ وَيُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ وَيَدُلُّ عَلَيْهِ رِوَايَةُ اللَّيْثِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ كَانَ إِذَا صَلَّى الْجُمُعَةَ انْصَرَفَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ ذَلِكَ أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ …وَأَقْوَى مَا يُتَمَسَّكُ بِهِ فِي مَشْرُوعِيَّةِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْجُمُعَةِ عُمُوم مَا صَححهُ بن حِبَّانَ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ مَرْفُوعًا مَا مِنْ صَلَاةٍ مَفْرُوضَةٍ إِلَّا وَبَيْنَ يَدَيْهَا رَكْعَتَانِ


Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Hibban melalui jalan Ayyub dari Nafi’, dia mengatakan, “Ibnu ‘Umar biasa memanjangkan shalat sebelum shalat Jum’at dan mengerjakan shalat dua rakaat setelahnya di rumahnya. Dan dia menyampaikan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan hal tersebut.”


Hadits ini dijadikan hujjah oleh an-Nawawi dalam kitab, al-Khulaashah (2:812) untuk menetapkan shalat sunnah sebelum shalat Jum’at seraya memberikan komentar, bahwa ucapan Ibnu ‘Umar, “Dan dia (Rasulullah) biasa melakukan hal tersebut,” kembali pada ucapannya, “Dan dia mengerjakan shalat dua rakaat setelah shalat Jum’at di rumahnya.” 

Dan hal itu ditunjukkan oleh riwayat al-Laits dari Nafi’ dari ‘Abdullah bahwasanya jika telah mengerjakan shalat Jum’at dia kembali pulang untuk kemudian mengerjakan shalat sunnah dua rakaat di rumahnya dan selanjutnya dia mengatakan, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan hal tersebut.” Diriwayatkan oleh Muslim (no.1460).

Dan hal yang terkuat yang dijadikan dalil bagi shalat Qabliyyah jum’at adalah merupakan hujjah umum sebagaimana hadits yang dishahihkan oleh Ibn Hibban dari hadits Abdullah bin Zubair dengan riwayat Marfu: “Tiadalah shalat fardhu terkecuali sebelum dan sesudahnya terdapat dua raka’at (shalat sunnah).” (Shahih ibnu Hibban no.2455 dan no.2488) [Fat-hul Bari Ibnu Hajar]


بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ لِمَنْ شَاءَ بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ لِمَنْ شَاءَ


Diantara tiap-tiap dua seruan (adzan dan iqomah) ada shalat (sunnah) bagi yang menghendaki, diantara tiap-tiap dua seruan (adzan dan iqomah) ada shalat (sunnah) bagi yang menghendaki. [Shahih ibnu Hibban no. 1559, Shahih Bukhari no.588, 591, Shahih Muslim no.1384 dari Abdullah bin Mughaffal al-Muzani]


Maka jelaslah bahwa Sayyidina ibnu Umar, Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Dawud, Imam ibnu Hibban, Imam Bayhaqi, Imam Nawawi, dan Imam ibnu Hajar mengakui adanya shalat Qabliyah Jum’at. Adapun Rasulullah, karena rumah beliau berada di dekat Masjid, maka setelah waktu Zhuhur masuk, mungkin beliau shalat qabliyah Jum’at di rumahnya, baru kemudian masuk ke Masjid untuk berkhuthbah. 

Dan hal ini diketahui oleh Ibnu Umar. Kemudian ibnu Umar mengerjakannya di Masjid setelah masuk waktu Zhuhur, dan hal ini dilihat oleh Nafi’ dan lainnya. Lalu ibnu Umar menjelaskan bahwa yang demikian itu, yaitu sholat qabliyah dan ba’diyah Jum’at, senantiasa dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam. Ini menandakan bahwa ibnu Umar mengetahui bahwa Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam senantiasa mengerjakan yang demikian. Wallahu a’lam.


Artikel Islami @wordpress
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger