Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Hakikat Sholat Lahir dan Bathin

Hakikat Sholat Lahir dan Bathin

Ada dua hakikat bagi Shalat, yaitu hakikat lahir dan hakikat batin. Shalat seseorang itu tidak akan dikira sempurna, melainkan dengan melaksanakan kedua-dua hakikat ini sekaligus.  

Adapun hakikat lahir itu, ialah:   

Berdiri,   
Membaca,   
Ruku’,   
Sujud dan seumpama itu dari tugas-tugas Shalat yang lahir.  


Adapun hakikat batinnya, ialah seperti   

Khusyu’, 
Menghadirkan hati,   
Tulus ikhlas yang sempurna,   
Meneliti dan memahami makna-makna bacaan,   
Tasbih dan seumpama itu dari tugas-tugas Shalat yang batin.

Tugas Shalat yang lahir ialah bagian badan dan anggota. Manakala tugas Shalat yang batin ialah bagian hati dan rahasia kebatinannya. Yang kedua inilah tempat yang diperhatikan Allah terhadap setiap hambaNya, yakni hati dan rahasia dalam dirinya.

Berkata Imam Ghazali rahimahullah, "Perumpamaan orang yang mendirikan Shalat secara hakikat lahir saja, serta meng-alpakan hakikat batinnya, seperti seorang yang menghadiahkan seorang puteri yang sudah mati, tiada bernyawa Jagi, kepada seorang maharaja agung. Dan perumpamaan orang yang alpa dalam mendirikan hakikat Shalatnya yang lahir, seperti seorang yang menghadiahkan seorang puteri yang putus kaki-tangannya, buta pula matanya, kepada seorang raja. Kedua-dua orang ini akan dimurkai raja disebabkan hadiahnya. Mereka akan disiksa dan dianiaya oleh raja kerana menghina kedudukan raja, serta mengabaikan haknya."

Imam Ghazali menyambung lagi, "Samalah perumpamaannya dengan anda yang menghadiahkan Shalatmu itu kepada Allah Ta’ala . Awas, janganlah sampai anda menghadiahkan Shalat itu dengan sifat-sifat yang tersebut, sehingga anda patut menerima siksaan Allah Ta’ala."


Al Habib Abdullah BIn Alwi Al Haddad dalam Nashoih Ad Diniyyah
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger