Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Pesan KH. Sya’roni Ahmadi Untuk Para Santri

Pesan KH. Sya’roni Ahmadi Untuk Para Santri


Dalam rangka Hari Santri Nasional 2017, Para santri dan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kudus melakukan kunjungan silaturrahim ke kediaman Romo KH. Sya’roni Ahmadi di daerah Langgar Dalem Kudus. 

KH. Sya’roni Ahmadi Al Hafidz yang rutin mengisi kajian Tafsir Al qur’an di Masjid Menara Kudus merupakan ulama sepuh kharismatik yang dimiliki dan dibanggakan oleh masyarakat Kudus. Masyarakat Kudus selaluberbondong-bondong menghadiri pengajian beliau dan berharap mendapatkan ilmu-ilmu hikmah yang selalu disampaikan beliau dengan tutur kata yang lembut dan ramah.

Pada saat kunjungan ke rumah KH. Sya’roni Ahmadi, Romo Kyai tidak lupa memberikan petuah kepada para santri yang berkunjung tersebut. Dalam petuah yang diunggah ke Kanal You Tube tersebut, KH. Sya’roni Ahmadi memaknai arti Santri. Berikut ini kurang lebih petuah yang diberikan oleh beliau:


Menyambut Hari Santri Nasional, saya ingin mengungkapkan maksud dari judul “Santri”. Apa dan siapa santri itu?

Santri adalah gabungan dari kata “Sa” dan Kata “Tri”. “Sa” itu artinya satu dan “tri” itu berarti  tiga. Jadi santri itu adalah tiga yang menjadi satu. Dari kata “Sa” dan “Tri” tersebut muncul istilah  “Satria” yang berasal dari kata “Santriyo”.

Orang yang disebut satria itu ya berasal dari kata santri. Seseorang bisa disebut santri jika memiliki tiga hal berikut ini yaitu:
1. Syariat
2. Thoriqot
3. Hakikat

Di dalam Alfiyah karya Imam Nawawi Al Bantani dijelaskan “Santri itu harus bisa memiliki tiga hal yaitu syariat thoriqot dan haqiqot.”

Dalam Ilmu balagoh, Santri itu berasal dari Sa Tri, jadilah Santriyo, pungkas beliau.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger