Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Ngopi Bareng dan Doa Untuk Palestina di Masjid Gilang Bae

Ngopi Bareng dan Doa Untuk Palestina di Masjid Gilang Bae


Pengurus dan Remaja Masjid Nurul Mubin atau yang lebih dikenal luas oleh masyarakat dengan sebutan Masjid Mbah Gilang di Dukuh Pondok desa Bae Kudus akan mengadakan serangkaian acara yang bertepatan dengan malam pergantian tahun 2018 (Ahad 31 Desember 2017).

Acara yang akan diberi tema “Semarak Tahun Baru, Berkah Sholawat Menuai Syafa’at” ini dimaksudkan sebagai lanjutan dari rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang puncak acaranya telah dilaksanakan pada 19 Desember 2017 yang lalu. Dalam puncak acara Safari Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H tersebut, Masjid Nurul Mubin mengadakan Terbang Kolosal Muria Raya.

Terbang kolosal dilakukan oleh beberapa grup hadrah/ rebana se Muria Taya yang diundang dalam acara tersebut. Terbang Kolosal sudah menjadi kebiasaan atau boleh dikatakan menu favorit dalam sebuah even pengajian yang selalu ditunggu oleh para hadirin. Selain ditujukan sebagai sarana bersholawat Nabi dan hiburan, terbang kolosal juga ditujukan agar generasi-generasi muda islam mencintai seni islami semacam hadrah dan qasidah, apalagi qasidah tersebut merupakan qasidah pujian kepada baginada Nabi Muhammad SAW.

Terbang Kolosal ini akan mewarnai kembali kegiatan di Masjid Nurul Mubin saat pergantian malam tahun baru. Diawali dengan sholat isya berjamaah acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Al barjanjy yang telah rutin dilakukan setiap Ahad malam Senin dan pementasan Rebana Kolosal hingga pukul 21.30 WIB.

Setelah acara pembacaan Maulid Al barjanjy, Pengurus dan Remaja Masjid Nurul Mubin akan mengadakan ramah tamah dengan masyarakat yang hadir dengan sajian Ngobar dan Nobar. Ngobar adalah acara Ngopi Bareng dan Nobar merupakan Nonton Bareng film-film keislaman ala Nahdliyyin. Jika tahun sebelumnya diisi dengan nonton bareng Film “Sang Kyai”, untuk tahun ini panitia belum membocorkan film apa yang akan ditonton di halaman Masjid Nurul Mubin tersebut. Namun, melihat ada acara Doa untuk Palestina pada ba’da subuh tanggal 1 Januari  2018, kemungkinan salah satu film yang akan diputar akan ada dengan perjuangan Rakyat Palestina.

Acara ngopi bareng dan Nonton bareng akan terus berlanjut hingga tengah malam. Selanjutnya, memasuki Subuh 1  Januari 2018, ba’da sholat subuh berjamaah, panitia akan kembali mengadakan Ngopi Bareng di pagi hari sekaligus pembagian doorprize peserta Ngopi Bareng dan Nonton Bareng sebelumnya dan dilanjutkan doa bersama untuk Palestina.

Menurut salah satu pembina Remaja Masjid Nurul Mubin yang juga Modin Bae Bendo, Ust. Muhammad Ridwan, yang pernah kami  temui beberapa waktu lalu, acara Ngopi dan Nonton Bareng di Halaman masjid Nurul Mubin merupakan acara yang dirancang untuk menarik minat kawula muda lebih mencintai Masjid dan mau datang ke Masjid walaupun belum dapat merutinkan sholat 5 waktu di masjid.

“Dakwah itu mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman. Dahulu bahkan Para Wali pun dakwah menggunakan media wayang kulit. Bahkan, Mbah Sunan Kudus pun melarang warga Kudus menyembelih sapi untuk meenghormati kepercayaan warga hindu yang sudah menetap sejak awal, hingga mereka pun simpati dan mau mengikuti pengajian-pengajian beliau. Jadi, dakwah pun perlu melihat bagaimana kultur sosial masyarakat sekitar." tegas beliau.

Anak-anak muda di kampung kan suka bosen kalau di Masjid terus-terusan ngaji, ya sekali-kali diajak ngopi.” dawuh Ust. M. Ridwan yang kami sambut dengan tawa.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger