Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Tiga Kirab Budaya Warnai Peringatan Maulid Nabi di Kudus

Tiga Kirab Budaya Warnai Peringatan Maulid Nabi di Kudus


Tiga Kirab Budaya mewarnai peringatan Maulid Nabi di Kota Kudus. Dua Kirab Budaya yang sudah menjadi agenda tahunan bagi pariwisata di Kudus ini berlangsung sangat meriah. Sedangkan, satu lagi kirab budaya dalam rangka peringatan harlah PP Al Muayyad Tanggulangin ikut meramaikan pesona Maulid Nabi di Kota Kudus yang relijius.

Kirab pertama merupakan Kirab Ampyang Maulid Nabi, yang diselenggarakan Pemerintah Desa Loram Wetan dan Loram Kulon di Masjid At Taqwa turut Desa Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus pada hari Sabtu 2 Desember 2017 atau bertepatan dengan tanggal 13 Rabiul Awwal 1439 H.

Ampyang adalah sejenis kerupuk yang dibuat dari tepung, berbentuk bulat dengan warna yang beraneka macam. Kata kedua adalah Maulid yang berasal dari bahasa Arab, Walada menjadi bentuk masdar Maulidan yang berarti kelahiran. Jadi Ampyang Maulid dapat diartikan makanan yang ditata sedemikian rupa dalam suatu wadah yang unik, yang diarak keliling desa oleh masyarakat sebelum menuju Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon. 


Dalam perkembangannya tradisi “Ampyang Maulid” tidak hanya milik warga Loram Kulon saja, tetapi warisan budaya warga masyarakat Kudus.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kudus H Mustofa beserta jajarannya, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning Sik,MH, Kapolsek Jati, Danramil Jati, para Tokoh Agama dan Masyarakat, serta peserta kirab yang  memeriahkan acara tersebut dengan memamerkan keunggulan dan potensi daerahnya masing-masing.

Para peserta mengikuti kirab sejauh 1,5 kilometer dari Lapangan Loram Wetan menuju masjid di Loram Kulon. Sebelum di gelar acara kirab Ampyang Maulid, juga dilakukan serangkaian acara termasuk dengan expo produk-produk ekonomis di Kudus.


Kirab Budaya yang selanjutnya masih dipadati oleh  ribuan warga. Desa Mejobo dan Desa Kirig, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, pada hari Minggu 3 Desember 2017  bertepatan dengan tanggal 14 rabiul Awwal 1439 H atau sehari setelah Kirab Ampyang Maulid menyelenggarakan  Kirab budaya dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Waliyullah Eyang Suryo Kusumo (Assayyid Ahmad Ba Faqih).

Kirab tersebut  membawa sejumlah gunungan yang berisikan hasil bumi dan buah-buahan, jajan pasar, serta nasi dan ayam ingkung hasil sedekah masyarakat di dua desa tersebut dan berjalan sejauh dua kilometer. Kirab diberangkatkan  dari lapangan Desa Kirig, selanjutnya melewati rute Jalan Raya Mejobo, menuju Makam Eyang Suryo, di Desa Mejobo.

Hadir dalam acara tersebut H Sa’diyanto selaku ketua panitia kirab dan haul, H Mawahib, anggota DPRD Kudus, Camat Mejobo Harso Widodo beserta unsur Muspika, Kepala Desa Mejobo, Suhardi dan Kepala DesaKirig, Kahayudi, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.


Tak ketinggalan di hari Ahad 3 Desember 2017, di tempat yang berbeda yaitu di kawasan Tanggulangin sebelah selatan Terminal Induk Jati Kudus, Pondok Pesantren Al Muayyad Tanggulangin mengadakan Kirab dalam rangka memperingati Harlah PP Al Muayyad yang ke 25 sekaligus memeriahkan syiar islam di bulan Maulid. 

Berbeda dengan dua kirab yang lain, dalam kirab tersebut, PP Al Muayyad menggunakan sarana kendaraan bermotor mengingat rute yang dilaluinya melewati jalan Pantura yang padat dan ramai. ROmbongan pawai kirab tersebut dilepas oleh Wakapolres Kudus, Bapak M. Ridwan Sik.MSi. Rute Kirab yang dilalui pun dari PP Al Muayyad ke arah utara hingga perempatan Kudus Plaza kemudian mengarah ke Purwosari dan ke utara arah Peganjaran .

Rombongan pawai kirab pun melanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga ke Proliman Barongan terus ke arah timur di daerah Penthol. Rombongan menju ke arah Selatan melewati Museum Kretek sebelum akhirnya kembali lagi ke kawasan Pondok Pesantren Al Muayyad di Tanggulangin.



Sumber Foto: Twitter Humas Polres Kudus dan Tribun News
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger