Adv 1
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Telah Wafat KH. Choirozyad TBS Kudus

Telah Wafat KH. Choirozyad TBS Kudus


Berita duka kembali menghiasi Kota Santri Kudus. Putra kebanggaan Kota Kudus kembali dipanggil oleh Allah SWT. Setelah beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan wafatnya Habib Hilmy al Idrus, pagi ini kita kembali kehilangan seorang ulama kharismatik.


 اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْن.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَه وَارْحَمْه وَعَافِه وَاعْفُ عَنْه وَأَكْرِمْ نُزُلَه وَوَسِّعْ مُدْخَلَه وَاغْسِلْه بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّه مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْه دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِه وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِه وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِه وَأَدْخِلْه الْجَنَّةَ وَأَعِذْه مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Telah wafat KH. Khoiruzzad (KH. Choirozyad bin Turaichan Adjuri) pagi ini, Jumat Wage 23 Ramadhan 1439 H (8 Juni 2018) pukul 05.50 WIB di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Demikianlah bunyi kabar yang kami terima melalui pesan WA.

KH. Choirozyad selama hidunya adalah seorang ulama yang mengabdi untuk masyarakat. KH. Choirozyad juga mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan dengan menjadi masyayikh pada Lembaga Pendidikan TBS (Tasywiquth Thullab Salafiyah) Kudus.


KH. Choirozyad adalah sesepuh Madrasah TBS yang juga alumni TBS angkatan tahun 1963. Beliau adalah seorang ulama yang tak bosan-bosannya memberikan motivasi dan dorongan kepada santrinya, sebagaimana Motto TBS, Memperbanyak Ilmu dan Mengurangi kebodohan, sehingga beliau sendiri tak pernah lelah dalam mengajarkan ilmu-ilmu keislaman kepada siapa saja, tidak hanya kepada para santrinya.

KH. Choirozyad adalah putra dari Ulama Kudus yang terkenal dengan Ilmu Falaqnya yaitu KH. Turaichan Adjuri. Mbah Turaichan mengikat tali keluarga dengan mempersunting seorang putri yang bernama Masni’ah (ibu nyai Masni’ah) dan dikaruniai 10 orang putra-putri, namun yang meninggal 6 orang, dan tinggal 4 orang yaitu: KH. Choirozyad  Fihris, Naela Laja, Drs. Sirril Wafa, MA.

Semasa hidupnya, KH. Choirozyad pernah menuturkan bahwa Mbah Tur (Abahnya) memiliki hubungan dengan garis keturunan KH. Mutamakkin (Kajen), yang mempunyai keturunan Ulama-ulama besar, seperti KH R. Asnawi, Raden Hambali, dan KH. Sahal Mahfudz. Setidaknya informasi itulah yang kami perleh dari Gus Manshur.

KH. Choirozyad meninggalkan seorang istri Ibu Hj. Churiyah dan empat orang putra yaitu Bapak Chirzil Ala, Bapak Chazal Majda, Bapak Nalal Izza, dan Bapak Afida.

Beliau akan dimakamkan pada hari ini Jumat Wage 23 Ramadhan 2018 (8 Juni 2018) pukul 16.00 WIB di pemakaman Sedio Luhur Krapyak. Bagi yang ingin melayat bisa mendatangi rumah beliau di Langgar Dalem RT.  3 RW. 1 Nomor 208, Kudus.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger