Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Khasiat surat Yasin (Tafsir Ibnu Katsir)

Khasiat surat Yasin (Tafsir Ibnu Katsir)

Saat kita mendengar ungkapan “khasiat surat Yasin”, kira-kira apa yang pertama kali terbayang di benak kita?

Mungkin kita akan langsung berfikir, itu bid’ah, tidak ada dalilnya, syubhat, yang berpendapat seperti itu masuk deretan ahli bid’ah atau menyimpang atau ahli syubhat, atau yang senada dengannya.

Jika asumsi ini benar, mari kita coba untuk mengimplementasikannya pada penukilan berikut. Apakah kita akan konsisten atau tidak dengan berbagai konsekwensi dari bayang-bayang pikiran kita sendiri. Kali ini, kita akan coba ‘main’ sejenak ke Tafsir Ibnu Katsir karangan Imam Ahlus Sunah, yaitu Ibnu katsir.

Setelah membawakan hadits : “Bacakan ia (surat Yasin) kepada orang yang akan meninggal di antara kalian”, Imam Ibnu Katsir (w.774 H) menyatakan :

ﻭَﻟِﻬَﺬَﺍ ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎﺀِ : ﻣِﻦْ ﺧَﺼَﺎﺋِﺺِ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟﺴُّﻮﺭَﺓِ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﻟَﺎ ﺗُﻘْﺮَﺃُ ﻋِﻨْﺪَ ﺃَﻣْﺮٍ ﻋَﺴِﻴﺮٍ ﺇﻻ ﻳﺴﺮﻩ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﻭَﻛَﺄَﻥَّ ﻗِﺮَﺍﺀَﺗَﻬَﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻟِﺘُﻨْﺰِﻝَ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﺔَ ﻭَﺍﻟْﺒَﺮَﻛَﺔَ، ﻭﻟﻴﺴﻬﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﺧﺮﻭﺝ ﺍﻟﺮﻭﺡ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃَﻋْﻠَﻢُ.

“Oleh karena ini, sebagian ulama berkata : Termasuk kekhususan dari surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah ia dibacakan di sisi perkara yang sulit, kecuali Allah Ta’ala akan memudahkannya. Sepertinya, dibacakannya ia (surat Yasin) kepada orang yang akan meninggal, agar rahmat dan barakah turun, sehingga akan mempermudah keluarnya ruh dari orang tersebut. Wallahu a’lam.” (Tafsir Ibnu Katsir :6/449, Darul Kutub Ilmiyyah)

Imam Ibnu Katsir menukil dan sekaligus mentaqrir (menyetujui) akan pernyataan sebagian ulama tentang salah satu khasiat surat Yasin, yaitu jika dibacakan kepada sesuatu yang sulit akan menjadi mudah dengan ijin Alloh. Dan salah satu contoh penerapannya dengan cara dibacakan kepada orang yang akan meninggal agar dimudahkan keluarnya ruh dari jasadnya. Padahal, pernyataan di atas tidak disertakan dalil padanya.

Gimana ini ? beranikah kita menerapkan berbagai praduga buruk di atas untuk beliau ? Kita nunggu jawaban sambil nyruput kopi



Ust. Abdullah Al Jirani
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger