Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Penangkal Fitnah Pujian

Penangkal Fitnah Pujian

Sering kali pujian yang diterima oleh seseorang malah menjadikanya lupa diri, sombong, takabur dan merasa sempurna. Ketika keadaan ini terjadi, maka perangkap-perangkap kejahatan akan segera menyertai dan membelenggu kehidupannya. Jalan keluar utuk menghindari akibat-akibat buruk yang ditimbulkan pujian adalah dengan meyakini bahwa semua orang yang memuji kita pada dasarnya hanya mengerti dan mengetahui penampakan luar yang terlihat oleh pandangan mata mereka, lalu kita harus sadar tentang keburukan dan kekurangan yang menumpuk begitu banyak dalam diri kita, hanya Allah Yang Maha Pengasih menyembunyikan ‘aib dan cela itu dari pandangan mereka. 

Misalnya saja orang-orang memuji kita karena ketaatan dan ibadah yang kita lakukan. Hal ini terjadi karena mereka hanya melihat bentuk luar, namun tidak mengerti apa yang ada dalam hati kita,takabbur,sombong,& tujuan-tujuan sesat yang tersimpan dan tersembunyi dalam sanubari. 

Atau ketika teman-teman menyanjung kita karena semangat yang kita tunjukan dengan lembaga sosial untuk menolong orang-orang yang membutuhkan. Andai kata mereka tahu rasa iri,dengki,kesombongan yang ada pada hati kita, Niscaya mereka tidak mau melontarkan pujian itu, bahkan mereka akan menghina dan menjahui kita.
Orang-orang hanya melihat bahwa kita selalu berjalan dalam kebenaran hingga kemudian mereka memuji kita, namun kita sendiri pastinya mengerti betapa banyak maksiat yang telah terjadi karena kedua mata kita dan telinga kita, betapa besar dosa yang ditimbulkan oleh lisan kita dan betapa agung kejahatan yang lakukan kedua tangan dan kaki kita, alangkah pemurah Allah Yang telah menyimpan kedurhakaan kita sebagi rahasia antara Allah dan diri kita sendiri.



Pujian yang kita terima hanyalah merupakan pengingat akan besarnya karunia Allah subhanahu wata'ala bagi kita karena masih mau menutupi dan menyembunyikan ‘aib dan cela kita dari pandangan manusia, jika kita mendapatkan sanjungan dan pujian maka kita harus segera mengingat Allah, memuji dan bersyukur kepada-Nya. Seandainya Allah azza wajalla membukakan kepada mereka sisi keburukan hati dan kejelekan keadaanmu, maka tidak akan ada orang-orang yang memberikan pujian kepadamu, bahkan mereka pasti membenci,mencela dan menjahuimu.




KH. M.Wafi MZ. Lc. Msi 
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger