Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Menegakkan Keadilan Dalam Kehidupan

Menegakkan Keadilan Dalam Kehidupan

Beberapa waktu yang lalu, bangsa kita diributkan dengan kasus yang melibatkan kepolisian, KPK, kejaksaan, dan publik akhirnya juga ikut terlibat. Bila kita perhatikan, dalam pemberitaan di media massa semua pihak menyatakan merasa benar, dan publik pun merasa mengetahui kebenaran. Sebenarnya hal ini sah-sah saja, karena secara manusiawi setiap orang pasti mencari kebenaran. Pertanyaannya, siapa sebenarnya yang benar? Mungkin hanya Allah SWT Allah yang Tahu. Banyak sekali persoalan di dunia ini yang bahkan sampai kita meninggalkan dunia ini pun kita tidak tahu, kebenaran apa yang sebenarnya terjadi.


Dan jika ktia bicara kebenaran, otomatis kita akan mengkaitkannya dengan keadilan. Keadilan merupakan sebuah prinsip yang sangat penting dalam Islam. Bahkan kalau di kalangan saudara-saudara kita di Syiah, keadilan itu adalah salah satu rukun Islam. Menurut mereka, seseorang belum dikatakan muslim, atau mukmin kalau belum berlaku adil. Tidak mungkin seorang yang beriman tidak belaku adil.


Coba kalau kita lihat dari Al Qur'an. Allah selalu menekankah bahwa kita memang harus berlaku adil.


“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (QS An Nahl : 90 ) 


Ada satu contoh pada zaman Rasulullah, ketika itu ada seorang perempuan dari kalangan bangsawan mencuri, beberapa sahabat berusaha bernegosiasi dengan Rasulullah. Kemudian Rasulullah mengatakan bahwa seandainya yang mencuri itu adalah putrinya, Fatimah, pasti juga akan kupancung. Sebenarnya spirit keadilan yang diajarkan oleh Islam tidak hanya ditujukan bagi penganut Islam. Ini dibuktikan dengan salah satu ayat yang berbunyi:


“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa." (QS Al-Maidah : 8 ) 


Kita ambil contoh polisi, secara psikologi massa, polisi sering tidak berada di tempat yang menguntungkan. Padahal faktanya mungkin saja polisi salah, namun mungkin juga salahnya hanya 30%. Padahal seharusnya jangan sekali-kali kebencian kita terhadap suatu kaum menyebabkan kita tidak adil. Tidak boleh ada prejudicing atau parsialisme dalam Islam. Sebab pada dasarnya, keduanya sama-sama mencari kebenaran.


Keadilan dan kebenaran dalam versi manusia ini perlu divalidasi. Kita sebagai umat Islam tidak boleh terombang-ambing oleh opini publik. Kita sebagai umat Islam diperintahkan harus adil, tidak parsial. Perintah pertama dari ajaran agama kita adalah read, read, read, dalam segala maknanya. Umat Islam harus menjadi knowledgety society. Jadi menghadapi kekisruhan selama ini kita sebagai umat Islam harus waspada, perbanyak mencari ilmu dan seterusnya. Hanya Allah yang Tahu apa yang terjadi dalam kasus itu. Memang dalam Islam, berlaku adil itu sangat, sangat dianjurkan.


Jadi singkatnya, dalam Islam penegakan keadilan itu harus dalam konteks amal ma'ruf nahi munkar bukan dalam konteks self interest. Kemudian kita juga diingatkan oleh Allah SWT, kita harus melakukannya secara fil hikmah wal hasanah, yakni dengan hikmah dan cara-cara yang santun. Kesantunan adalah baju dari orang-orang Muslim. Sebagai umat Islam kita harus menegakkan prinsip-prinsip keadilan.



DR. Ir. Hasanuddin Zaenal Abidin
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger