Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Bekal Menuju Akhirat

Bekal Menuju Akhirat


Anas r.a meriwayatkan bahwa pada suatu ketika ada seseorang dari dusun yang bertanya kepada Rasul SAW, “Kapankah datang Hari Kiamat, ya Nabi?” Nabi pun balik bertanya, “Apa yang engkau persiapkan untuk itu?’


Orang tersebut menjawab, “Saya menyiapkan akherat dengan mencintai Allah  dan Rasulullah”.


Nabi bersabda, “Jika begitu, kelak engkau akan bersama dengan orang-orang yang engkau cintai”.


Di dalam riwayat lain orang itu menjawab, bahwa dia tidak menyongsong Hari Kiamat dengan banyaknya ibadah puasa dan sholat juga sedekah, tetapi ia menyambutnya dengan mencintai Allah dan Rasul-Nya. 

Inilah kebenaran, sebaik-baik bekal adalah mencintai Allah dan Rasul SAW. Fitrah manusia adalah untuk menyembah-Nya dengan mengikuti petunjuk Rasul-Nya. Cinta adalah sebaik-baik alasan ketika engkau bersujud kepada-Nya. 

Sungguh naïf jika engkau mengandalkan amal ibadahmu. Amalmu tidak akan cukup untuk menebus dosa-dosamu, ibadahmu tidak akan pernah mengimbangi segala nikmat yang telah Allah berikan padamu.


Belumlah sempurna iman seseorang jika masih lebih mencintai apa saja melebihi dari mencintai  Allah dan Rasul-Nya. Makna sabda Rasulullah tersebut adalah, engkau boleh dan dianjurkan mencintai dan berkasih sayang terhadap sesama, namun semua itu dalam rangka mewujudkan rasa cintamu kepada Allah dan Rasulullah. Ingatlah bahwa kita harus mencintai dan membenci karena Allah.


Jika engkau lebih mencintai sesuatu melebihi cintamu kepada Allah dan Muhammad Rasulullah, itulah pertanda hatimu masih sakit. Obatilah sakitmu dengan lebih sering menghadiri majelis-majelis ilmu, melazimkan dzikir dan senantiasa bersholawat. 

Jika engkau tidak mengobatinya semasa hidup di dunia, engkau akan dipaksa mengobatinya di akherat. Takutlah sebab rumah sakit akherat itu adalah neraka. Hanya hati yang sehat yang akan selamat, hati yang sehat akan kembali pulang ke rumahnya, Surga!


Ust. Yusron Mudzakkir
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger