Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Adab Sebelum Wudhu

Adab Sebelum Wudhu

Apabila kita mau melakukan wudlu, hendaknya memperhatikan tata kramanya dengan baik:



Pertama: Sebelum wudlu disunnahkan untuk Bersiwak. Bersiwak ini berbeda dengan gosok gigi dari teknis dan caranya. Sekalipun bersiwak sah dengan gosok gigi, hanya saja gosok gigi tidak mewakili bersiwak yang sempurna.



Kedua: Lakukanlah wudlu Sambil Duduk di tempat duduk yang lebih tinggi sekiranya bisa terjaga dari cipratan bekas air wudlu, misalnya memakai kursi.



Ketiga: Lakukan wudlu dengan Menghadap Kiblat karena kiblat adalah arah yang baik.



Keempat: Membaca Doa Sebelum Wudlu sebagai berikut ;



 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياَطِيْنِ وَأَعُوْذُ بِكَ رَبِّ بِأَنْ يَحْضُرُوْنَ



Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari tipu daya syetan, serta berlindung dari kehadiran mereka



 Kelima: Mencuci Telapak Tangan seraya sambil berdoa :



 أََللَّـهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ اليُمْنَ وَالبَرَكَةَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّؤُمِ وَالهَلَكَةْ



Ya Allah Aku mohon kedapaMu agar berikan tangan yang berkah dan amanah, serta mohon perlindungan dari tangan yang sial dan melakukan kerusakan.



Sahabatku, sebelum wudlu itu ada doa memohon agar tangan kita diberikan keberkahan dan terjaga dari sial dan keburukan. Oleh karenanya siappapun kita, manakala tangannya tidak berkah, tidak amanah, malas melakukan kebaikan-kebaikan atau bahkan selalu melakukan keburukan dan perbuatan-perbuatan merugikan orang lain. Itu bisa jadi, kita kurang memperhatikan tatakrama wudlu seperti ini, yang pada akhirnya hidup kita selalu di timpa keresahan, kesengsaraan, kegelisahan, atau bahkan sering mengalami hal-hal yang meyedihkan dan menyakitkan.






Dikutip dari Kitab Bidayatul-Hidayah Al-Imam Ghozaliy oleh Kang Dae Majelis Dzikir Arbabul Hija
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger