Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Belajar Dari Telur

Belajar Dari Telur

"Telor itu ada yang harus di erami, baru menetas, dan ada yang tidak perlu di erami, ia bisa menetas sendiri. Contohnya telor penyu, dia bertelor lalu pergi, telornya akan menetas sendiri, kalau di erami malah busuk.



Masalah juga begitu ada dua, ada yang harus di selesaikan dan ada juga yang akan selesai dengan sendirinya. Kalau yang akan selesai dengan sendirinya, di utak atik, malah tidak karuan, tambah ruwet. Manusia sering di balik, yang mestinya selesai dengan sendirinya malah diurus, yang mestinya diurus malah di biarkan.



Sebetulnya ini masalah hak Allah dan hak hamba. Hak Allah, kita tidak perlu ikut campur, contohnya adalah :


1. Rejeki, yang kita urus ikhtiar sebaik-baiknya.


2. Ijabah, yang kita urus berdoa.


3. Pahala, yang kita urus sholat.



Ketika kita menghadapi problem sehari-hari. Problem ini ada yang membuat kita tidak berdaya, ada sesuatu yang memang berdaya. Yang kita urus, manakala wilayah-wilayah yang bisa di hitung oleh akal, pikiran, ya... Harus kita selesaikan.



Kalau menyangkut tentang tekanan-tekanan mental, sedih misalnya. Sedih itu akan hilang sendiri sebenarnya, kalau kita mengurusi wilayah-wilayah urusan kita.



Jadi kalau ini adalah Hamba - Masalah – Allah, maka jangan sampai, “Aku menuju Allah kalau sudah sukses' atau 'Aku menuju Allah kalau masalahku sudah beres'. Tidak bisa seperti itu, maka sampai mati tidak akan beres-beres.



Jadi yang seharusnya adalah Masalah -  Hamba Allah. Masalah tempatnya dibelakang kita, justru itu mendorong kita menuju kepada Allah, biar membuat akselerasi."



KH. M. Lqman Hakim dalam Majelis Cahaya Illahi Bandung
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger