Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Mengusap Mata Ketika Mendengar Adzan

Mengusap Mata Ketika Mendengar Adzan

Apa sebabnya para salaf kita kalau mendengar adzan sampai pada lafadz, "Assyhadu Anna Muhammadarrosulullah, kemudian para salaf mencium kedua jari jempolnya dan mengusapkan ke kelopak mata, dengan mengucapkan, "marhaban bi habibiwa qurrotul 'aini..?"

Diceritakan bahwa Nabi Adam AS heran melihat malaikat yang selalu membuntuti nya dari belakang, sehingga nabi Adam bertanya kepada Allah:

 " Yaa Allah, kenapa mereka selalu mengikutiku...?

"Wahai Adam, karena mereka telah tertarik dengan cahaya keturunanmu yang telah ada disulbimu.

Kemudian Nabi Adam memohon agar Allah memindahkan cahaya yang ada di sulbi nya kedepan.

Maka Allah meletakkan cahaya tersebut di antara kedua alis Nabi Adam. Maka dengan segera smua malaikat berada di hadapan nabi Adam. Nabi Adam heran dengan kelakuan para malaikat yang memandang wajahnya.Maka Nabi Adam kemudian memohon agar diperkenankan melihat cahaya itu.

Maka Allah SWT menampakkan cahaya tersebut pada kuku kedua ibu jari Nabi Adam, lalu Nabi Adam AS pun heran melihat keindahan cahaya itu, dan berkata:

"Ya Allah....,  Cahaya siapakah ini..?"

Kemudian Allah SWT menjawab:

"itu adalah "Nuur Sayidina Muhammad" wahai Adam. "Kalau tidak karena Nuur sayidina Muhammad", maka tidak akan AKU ciptakan semua ini".

Maka Allah menyebutkan keagungan keagungan Nuur sayidina Muhammad, maka Nabi Adam sangat gembira sekali dengan nuur Muhammad yang ada pd dirinya. Maka Nabi Adam mencium jempol nya dan mengucapkan:

"marhaban bi habibi wa qurrotul'aini",

kemudian diusapkan cahaya tersebut di kedua kelopak matanya.

Rasulullah bersabda, "Barang Siapa Yang Bersholawat kepadaku Ketika Muadzin Melantunkan "Asyhadu Anna Muhammadar Rosulullah", kemudian Menyatukan antara jari Telunjuk Dan Ibu Jarinya Serta Mencium keduanya Dan mengusap di kedua Kelopak Matanya, maka Niscaya Tidak Akan Mengalami Sakit Mata".

Menurut pendapat dalam kitab Tangqihil Qoul karangan imam An-Nawawi yaitu Marhaban bizikrillahi ta'ala qurota 'ayun bika ya RasulAllah lalu Usaplah kelopak mata dengan kedua jari jempol tangan.

Dan dalam kitab Khozinatul Asror terdapat Bacaan seperti cara-cara yang telah diungkapkan "Marhaban bika ya sayyidi ya RosulAllah ya Qurrata Aini.....Allaahumma matti'nii bis sam'I wal bashori innaka 'ala kulli syain Qodiir" yang berfaidah dijauhkan dari penyakit Buta dan tuli. Wallahu`alam.



FP Idolaku Rasulullah SAW 
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger