Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Masjid As Syarif 1, Jayanya Islam di Kudus Utara

Masjid As Syarif 1, Jayanya Islam di Kudus Utara

Masjid As Syarif 1 di Desa Padurenan Kecamatan Gebog memang menjadi salah satu penanda penting proses islamisasi di Kudus utara. Selain bentuk bangunan yang unik dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi, masjid peninggalan tokoh penyebar agama islam Raden Muhammad Syarif itu dipercaya selalu menghadirkan "petunjuk" tertentu bagi masyarakat sampai sekarang.



Bagian yang dipercaya memberi petujnjuk tersebut adalah mustaka masjid yang sejak masa pendiriannya belum pernah diganti. Konon, biasanya mustaka masjid itu menunjukkan tanda-tanda miring jika terjadi musibah yang pengaruhnya meluas secara nasional. Misalnya ketika peristiwa reformasi yang menjatuhkan kekuasaan Soeharto pada tahun 1998.



K.H Aminuddin Mawardi selaku tokoh di Desa Padurenan mengatakan jika ada peristiwa besar hampir selalu mustaka masjid selalu miring. Namun ketika peristiwa sudah terjadi dan akan diperbaiki ternyata bisa lurus kembali. Entah percaya atau tidak tetapi kenyataan ini disaksikan oleh banyak orang.



Anehnya lagi menurut K.H Aminuddin, miringnya mustaka yang terbuat dari tanah liat itu bukan disebabkan bergesernya landasan. Namun mustaka tersebut seolah-olah menjadi lentur. Landasan mustaka itu tetap, tetapi bagian pucuknya miring atau ndoyong.



Selain keanehan mustakanya masjid As Syarif 1 itu sebenarnya mempunyai pola arsitektur yang tidak lazim. Masjid tersebut semula berbentuk seperti payung, karena hanya ada satu tiang penyangga tunggal. Namun karena dimakan usia saka penyangga tiang itu pun diganti dengan empat pilar seperti bangunan Jawa lainnya.



Menurut K.H Aminuddin tidak ada catatan sejarah tentang pendirian masjid tersebut. Namun diperkirakan sudah berdiri sejak zaman Walisongo. Hanya ada satu petunjuk yakni catatan pemugaran dibawah mustaka masjid yang ditulis dengan huruf arab. 

Tulisan itu berupa huruf goin, ra dan tha, yang berbunyi gharatha. Jika diartikan berdasarkan abjad jumal maka akan menunjukkan angka 1.209 Hijriyah. Jika saat ini kalender islam masuk 1.436 Hijriyah maka sampai saat ini masjid As Syarif 1 sudah berumur 227 tahun.


Info Seputar Kudus (@Kudus_ISK)
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger