Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Utamanya Sedekah Itu Kepada Kerabat

Utamanya Sedekah Itu Kepada Kerabat


Afdhalnya sedekah adalah pada keluarga sendiri. Demikian sabda rasulullah SAW ketika seorang wanita bertanya : apakah kalau aku punya harta lebih, boleh kusedekahkan pada suamiku yang miskin?


Maka Rasul SAW menjawab : betul, bahkan mendapat dua pahala, yaitu pahala sedekah dan pahala berbaik pada kerabat.


Demikian pula firman Allah SWT

“Mereka betanya tentang siapa yang akan mereka beri infak? Maka katakanlah, apa apa yang kalian nafkahkan terbaik untuk ayah bunda, lalu kaum kerabat, dan anak yatim, ….sampai akhir ayat (QS Al baqarah 215)


Dan sudah merupakan kesepakatan yang masyhur dalam seluruh madzhab bahwa zakat dan sedekah paling berhak adalah ayah bunda, lalu kerabat, lalu selainnya, tentunya jika mereka miskin, bukan keluarga yang berkecukupan.


Mengenai guru, maka ia bukanlah dari orang-orang yang berhak menerima zakat, kecuali kalau ia miskin maka masuk kelompok miskin. Namun untuk guru adalah boleh dan sebaiknya diberi bantuan dana semampunya, karena Rasul SAW juga bersabda, Yang paling berhak diberi upah dari semua yang diberi upah adalah pengajar alqur’an (Shahih Bukhari).


Hadits ini menjelaskan bahwa sebaiknya murid memberi dan membantu gurunya, dan dalam madzhab syafii dijelaskan bahwa boleh saja guru meminta upah atas apa yang diajarkannya, karena tentu ia harus menyita waktunya yang mungkin semestinya ia mencari nafkah, teteapi tersita sebab mengajar. 

Namun, Guru Mulia kita mengatakan salah satu kiat untuk kesuksesan dakwah adalah tidak mengambul upah dari mengajar atau berdakwah.



Habib Munzir Al Musawwa
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger