Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » » Ngaji Bareng Kang Dur di Musholla RAPI

Ngaji Bareng Kang Dur di Musholla RAPI


Musholla RAPI mengadakan pengajian dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Menyambut Bulan Ramadhan 1438 H bertajuk Ngaji Bareng Kang Dur yang telah dilaksanakan pada hari Ahad di penghujung bulan April 2017. Pengajian tersebut terselenggara berkat kerjasama panitia pengajian (Remaja Musholla RAPI), dengan pengurus dan masyarakat sekitar yang membantu dalam bentuk donasi snack dan lainnya.

Acara tersebut merupakan lanjutan dari program “Ngaji Lesehan” yang digagas oleh para anggota Remaja Musholla RAPI yang telah mendapatkan restu dari pengurus. Acara yang terbilang sukses menghadirkan salah satu ulama terkenal dari Kudus yaitu KH. Abdurrahman atau akrab disapa Kang Dur tersebut dihadiri ratusan jamaah baik dari jamaah Musholla RAPI maupun dari luar dusun Bae Krajan. Bahkan, dihadiri pula oleh beberapa Mahasiswa STAIN Kudus dan para pemuda dari beberapa majelis seperti Syekher Mania Kudus. Masih mendominasi acara pengajian adalah ibu-ibu yang tampak antusias menikmati ceramah agama yang dibawakan oleh Kang Dur yang terkenal pandai dalam menyampaikan materi dakwah serta pandai memberikan hiburan dengan humor-humor segar yang beliau sampaikan.

Dipadukan dengan Rebana Nurun Najma Musholla RAPI, pengajian terasa nikmat. Qasidah sholawat dan syi’iran-syi’iran berbahasa jawa yang mengandung pesan-pesan moral disenandungkan oleh Grup Rebana Remaja Musholla RAPI yang baru mendapatkan nama beberapa tahun yang lalu itu.

Menurut salah seorang jamaah, “penyampaian materi Isra’ Mi’raj oleh Kang Dur sangat simpel dan jelas serta dapat diterima oleh orang awam. Disertai dengan guyon khas Kudus sehingga peserta pun tidak ngantuk. Guyon yang disampiakan pun guyon yang bermakna dan dapat menarik perhatian kawula muda untuk rajin mengikuti pengajian. Apalagi diiringi rebana, tambah meriah”, pungkasnya.

Kyai yang juga alumni Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur  tersebut juga seringkali terlihat berinteraksi dengan jamaah dari atas panggung. Bahkan tak jarang membuat para kawula muda yang mendengarkan pengajian tertawa karena humor yang disampaiakannya. Kang Dur juga sempat turun panggung untuk menyapa dan mengajak “gojekan” salah seorang pemuda yang antusias dengan ceramahnya. Tak jarang juga Kang Dur mengajak para jamaah termasuk tukang sound system untuk bercanda bareng.

“Terusno……. Intip…….

Kata-kata itulah yang nampaknya akan teringat dari humor yang disampaiakan oleh Kang Dur di sela-sela ceramahnya malam itu. Ketika Kang Dur bertanya kepada jamaah, “adakah yang hadir di sini yang suka menggunjing tetangganya??” maka sontak para jamaah menjawab “ada….. banyak Yi…..”, maka Kang Dur dengan nada ngeledek ke jamaah berkata, “Nek isih ono, terusno… terusno kelakuanmu kuwi… intip… intip…” (red: intip neraka)

Dalam penyampaian materinya, Kang Dur membahas tentang peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhamad. Bahwa kita semua Wajib mengimani peristiwa tersebut walaupun tak akan masuk dilogika manusia dan tak akan pernah kita lihat. Namun, Kang Dur menuturkan bahwa dalam peristiwa tersebut Nabi Muhmmad SAW itu dijalankan oleh Allah SWT sehingga peristiwa seperti itu tidak mustahil terjadi.

Kang Dur juga menyampaikan bahwa Isra Mi’raj terjadi di bulan Rajab karena bulan Rajab merupakan bulan yang dirahmati Allah SWT. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan puasa di bulan Rajab.

Selanjutnya, Isra’ Mi’raj dilakukan di bulan Rajab karena Allah SWT ingin mengabarkan beberapa perkara kepada Rasulullah SAW ada perkara yang baik ada yang buruk.

Kabar buruk diantaranya adalah Kanjeng Nabi Muhammad SAW diperlihatkan siksa yang begitu pedih di neraka. Ada orang-orang yang disiksa karena mengumbar auratnya, ada juga yang disiksa karena suka menggibah saudaranya, ada yang disiksa karena memakan harta anak yatim, dan sebagainya.

Oleh karena itu, Kang Dur berpesan, terutama kepada ibu-ibu dan remaja putri untuk senantiasa menutup auratnya. “Pokoknya setelah ngaji ini, ibu-ibu dan remaja putri harus mulai pake jilbab. Jangan anaknya disuruh pakai jilbab emaknya polosan. Malah baju anaknya dipakai.  Kalau besok masih ada yang ke pasar nggak pake jilbab… Terusno… Intip… intip….”, begitu pesan yang disampaikan Kang Dur  diselingi guyon yang membuat ibu-ibu tertawa.

Kang Dur juga berpesan agar kita jangan suka ngomongin orang lain. “Percuma sampeyan wudhu, kema kemu kema kemu (kumur-kumur) kalau mulutnya masih dipakai nggibahin orang lain. Kalau habis pengajian ini masih ada yang seperti itu… terusno…. Intip… intip…”

Kabar baiknya, Kanjeng Nabi Muhammad pulang ke bumi dengan membawa oleh-oleh berupa perintah sholat lima waktu. Sholat lima waktu merupakan sarana hamba untuk "bertemu" dengan Allah SWT. Kang Dur menuturkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad SAW senang jika sholat fardhu dilakukan secara berjamaah. Maka, malam itu Kang Dur memberi wejangan agar masyarakat menghidupkan masjid dan musholla –musholla dengan rajin sholat berjamaah di dalamnya. Bahwa meninggalkan sholat secara sengaja memiliki risiko siksa yang amat berat, maka Kang Dur pun menyampaiakan agar ibadah sholat ini benar-benar diseriusi.

Di akhir pengajiannya, Kang Dur berpesan agar masyarakat rajin mengaji ilmu-ilmu keislaman. “Rajin-rajin lah ikut pengajian, karena malaikat selalu berdoa dan memintakan ampunan kepada siapa saja yang hadir di majelis-majelis yang mengingat Allah SWT”. Selain itu juga agar tidak dibodohi oleh gerakan-gerakan yang ekstrim. 

Kang Dur juga mendoakan kepada kita semua agar diberikan berkah di bulan Rajab yang telah berlalu dan di bulan Sya’ban yang sudah tiba. Dan agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini. Aamiin ya mujibassaa iliin.


Klik untuk download rekaman pengajian Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1438 H
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger