Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Milad Ke 4, Syauqul Fatih Gelar Lomba Rebana

Milad Ke 4, Syauqul Fatih Gelar Lomba Rebana



Alat musik rebana merupakan salah satu cara penyebaran syi’ar islam melalui kesenian dan kebudayaan. Di Kudus sendiri, Rebana telah populer di kalangan anak-anak muda dan telah mengambil hati mereka. Melalui lantunan qasidah sholawat dan iringan rebana, anak-anak muda yang dahulu awam dengan kesenian islam, akhir-akhir ini menjadi respek terhadap kesenian islam itu sendiri. 

Anak-anak muda yang biasanya menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong itu pun jadi mau mendatangi majelis-majelis taklim secara berbondong-bondong karena ketertarikannya akan qasidah sholawat yang diiringi rebana dalam acara itu

Lomba Rebana kali ini diselenggarakan oleh Grup Sholawat Syauqol Fatih untuk memperingati miladnya yang ke empat. Calon peserta merupakan grup rebana di wilayah Jawa Tengah.

Pendaftaran dibuka hingga tanggal 8 Juli 2018. Peserta dibatasi satu gruopnya terdiri dari 15 personel putra atau putri dan boleh campuran. Peserta festival Rebana nantinya akan menampilkan dua lagu qasidah sholawat. Akan ada satu  lagu wajib yang harus didendangkan yaitu lagu yang pernah dibawakan oleh Grup Rebana Muhasabatul Qalbi dari Jombang Jawa Timur sedangkan satu lagu yang lain merupakan lagu pilihan peserta sendiri dengan syarat berbahasa Arab.


Uniknya, dalam lomba kai ini para peserat diwajibkan membawakan jingle dengan tema “Semarak Milad Syauqul Fatih ke 4” dan “Mengharap Ridho serta Syafaat”. Peralatan rebana yang digunakan harus murni habsy atau banjari dan tidak boleh menggunakan rebana elektronik.

Ketentuan selanjutnya nantinya akan disampaikan pada saat Technical Meeting yang akan dilakukan pada tanggal 8 Juli 2018 di UPT Pendidikan Kecamatan Gebog mulai pukul 13.00 WIB.

Peserta terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa trophy, piagam, dan uang pembinanan. Gelaran yang akan berlangsung pada tanggal 15 Juli 2018 di Lapangan Olahraga Besito, Gebog ini juga akan dihadiri oleh Ustadzah Agusti Dwi Nigtyas (Dwi MQ) yang merupakan vokalis terbang terbaik se Jawa Timur.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger