Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Adzan Yang Disunnahkan Bag. 2

Adzan Yang Disunnahkan Bag. 2

Tentu semua hal yang ada di atas, ada dalilnya. Sebagian menggunakan dalil hadits, dan sebagian menggunakan dalil qiyas yang biasa digunakan oleh para ulama fuqaha. Di antara hadits-hadits yang digunakan adalah sebagai berikut:


ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ، ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ‏« ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺫَّﻥَ ﺍﻟْﻤُﺆَﺫِّﻥُ ﺃَﺩْﺑَﺮَ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥُ ﻭَﻟَﻪُ ﺣُﺼَﺎﺹٌ »


Abu Hurairah berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila muadzin mengumandangkan adzan, maka syetan akan lari sambil mengeluarkan kentut.” (HR Muslim [17]).


Dalam hadits di atas, dijelaskan bahwa adzan dapat mengusir syetan. Oleh karena itu, para ulama menganjurkan adzan di telinga orang yang sedang ayan, emosi, ketika peperangan berkecamuk dan lain-lainnya untuk mengusir syetan dari orang atau tempat tersebut.


ﻋَﻦ ﺟَﺎﺑﺮ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢ ﺑﺎﻟﺪُّﻟﺠﺔ ﻓﺈِﻥ ﺍﻷَﺭْﺽ ﺗُﻄْﻮَﻯ ﺑِﺎﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻓﺈِﺫﺍ ﺗَﻐَﻮَّﻟَﺖْ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟْﻐِﻴْﻼَﻥُ ﻓَﻨَﺎﺩُﻭْﺍ ﺑِﺎﻷَﺫَﺍﻥِ


Jabir bin Abdullah berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Berjalanlah kalian pada waktu akhir malam, karena bumi itu akan dilipat pada waktu malam. Apabila jin-jin yang jahat mengganggu, maka kumandangkanlah adzan.”(HR Ahmad juz 3 hlm 305-382, Abu Ya’la [2219], al-Nasa’i dalam ‘Amal al-Yaum wa al-Lailah [955], dan Ibnu al-Sunni dalam ‘Amal al-Yaum wa al-Lailah [524]. Al-Haitsami berkata dalam al-Majma’ [5256]: “Para perawi hadits Abu Ya’la adalah para perawi hadits shahih.”).


Hadits di atas memberikan penjelasan bahwa adzan dapat menolak gangguan jin yang jahat. 

Dalam hadits yang lain diriwayatkan:


ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺤُﺴَﻴْﻦِ ﺑْﻦِ ﻋَﻠِﻲٍّ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ : ﻣَﻦْ ﺳَﺎﺀَ ﺧُﻠُﻘُﻪُ ﻣِﻦْ ﺇِﻧْﺴَﺎﻥٍ ﺃَﻭْ ﺩَﺍﺑَّﺔٍ ﻓَﺄَﺫِّﻧُﻮْﺍ ﻓِﻲْ ﺃُﺫُﻧَﻴْﻪِ


Husain bin Ali berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang buruk pekertinya, baik manusia maupun hewan, maka bacakanlah adzan pada kedua telinganya.” (HR al-Dailami dalam al-Firdaus [5752] dengan sanad yang lemah. Dalam sanadnya terdapat beberap perawi lemah dan tidak diketahui.).


Hadits di atas memberikan pesan anjuran adzan di telinga orang atau hewan yang buruk pekertinya. Hadits tersebut dha’if, tetapi dapat diterima dalam konteks seperti di atas. 

Dalam hadits lain diriwayatkan:


( ﺑَﺎﺏُ ﺍْﻷَﺫَﺍﻥِ ﻓِﻲْ ﺃُﺫُﻥِ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟُﻮْﺩِ ‏) - ﺭَﻭَﻳْﻨَﺎ ﻓِﻲْ ﺳُﻨَﻦِ ﺃَﺑِﻲْ ﺩَﺍﻭﺩَ ﻭَﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱِّ ﻭَﻏَﻴْﺮِﻫِﻤَﺎ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲْ ﺭَﺍﻓِﻊٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻣَﻮْﻟَﻰ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ‏( ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ‏) ﻗَﺎﻝَ : " ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ‏( ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ‏) ﺃَﺫَّﻥَ ﻓِﻲْ ﺃُﺫُﻥِ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ ﺑْﻦِ ﻋَﻠِﻲٍّ ﺣِﻴْﻦَ ﻭَﻟَﺪَﺗْﻪُ ﻓَﺎﻃِﻤَﺔُ ﺑِﺎﻟﺼَّﻼَﺓِ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻢْ " ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱُّ : ﺣَﺪِﻳْﺚٌ ﺣَﺴَﻦٌ ﺻَﺤِﻴْﺢٌ .


Bab adzan di telinga bayi yang dilahirkan. Kami telah meriwayatkan dalam Sunan Abi Dawud, al-Tirmidzi dan lainnya, dari Abu Rafi’ radhiyallahu ‘anhu, maula Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, berkata: “Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca adzan di telinga Hasan bin Ali ketika dilahirkan oleh Fathimah dengan adzan shalat.” Radhiyallahu ‘anhum. Al-Tirmidzi berkata: “Hadits ini hasan shahih.”


ﻭَﻗَﺪْ ﺭَﻭَﻳْﻨَﺎ ﻓِﻲْ ﻛِﺘَﺎﺏِ ﺍﺑْﻦِ ﺍﻟﺴُّﻨِّﻲِّ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺤُﺴَﻴْﻦِ ﺑْﻦِ ﻋَﻠِﻲٍّ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮْﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ‏( ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ‏) " : ﻣَﻦْ ﻭُﻟِﺪَ ﻟَﻪُ ﻣَﻮْﻟُﻮْﺩٌ ﻓَﺄَﺫَّﻥَ ﻓِﻲْ ﺃُﺫُﻧِﻪِ ﺍﻟْﻴُﻤْﻨَﻰ ، ﻭَﺃَﻗَﺎﻡَ ﻓِﻲْ ﺃُﺫُﻧِﻪِ ﺍﻟْﻴُﺴْﺮَﻯ ﻟَﻢْ ﺗَﻀُﺮَّﻩُ ﺃُﻡُّ ﺍﻟﺼِّﺒْﻴَﺎﻥِ "


Kami telah meriwayatkan dalama kitab Ibnu al-Sunni dari Husain bin Ali radhiyallahu ‘anhuma, berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang melahirkan bayi, lalu membacakan adzan di telinganya yang kanan dan iqamah di telinganya yang kiri, maka anak tersebut tidak akan diganggu oleh jin.” (Al-Imam al-Nawawi, al-Adzkar al-Nawawiyyah hlm 463).


Kedua hadits di atas memberikan pesan anjuran membacakan adzan dan iqamah di telinga bayi yang dilahirkan, agar tidak diganggu oleh jin dan syetan. 

Dalam hadits lain diriwayatkan:


ﻋَﻦْ ﺳَﻌْﺪٍ ﺍﻟْﻘَﺮَﻅِ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ - ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ - ﻛَﺎﻥَ ﺃَﻱَّ ﺳَﺎﻋَﺔٍ ﺃَﺗَﻰ ﻗُﺒَﺎﺀً ﺃَﺫَّﻥَ ﺑِﻼَﻝٌ ﺑِﺎْﻷَﺫَﺍﻥِ ﻷَﻥْ ﻳَﻌْﻠَﻢَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ - ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ - ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَ، ﻓَﻴَﺠْﺘَﻤِﻌُﻮﻥَ ﺇِﻟَﻴْﻪِ، ﻓَﺄَﺗَﻰ ﻳَﻮْﻣًﺎ ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﻣَﻌَﻪُ ﺑِﻼَﻝٌ، ﻓَﻨَﻈَﺮَ ﺯُﻧُﻮﺝٌ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺑَﻌْﺾٍ، ﻓَﺮَﻗِﻲَ ﺳَﻌْﺪٌ ﻓِﻲ ﻋِﺬْﻕٍ ﻓَﺄَﺫَّﻥَ ﺑِﺎْﻷَﺫَﺍﻥِ، ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﻪُ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ - ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ " :- ﻣَﺎ ﺣَﻤَﻠَﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻥْ ﺗُﺆَﺫِّﻥَ ﻳَﺎ ﺳَﻌْﺪُ؟ " ﻗَﺎﻝَ : ﺑِﺄَﺑِﻲ ﻭَﺃُﻣِّﻲ ﺭَﺃَﻳْﺘُﻚَ ﻓِﻲ ﻗِﻠَّﺔٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ، ﻭَﻟَﻢْ ﺃَﺭَ ﺑِﻼَﻻً ﻣَﻌَﻚَ، ﻭَﺭَﺃَﻳْﺖُ ﻫَﺆُﻻَﺀِ ﺍﻟﺰُّﻧُﻮﺝَ ﻳَﻨْﻈُﺮُ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺑَﻌْﺾٍ ﻭَﻳَﻨْﻈُﺮُﻭﻥَ ﺇِﻟَﻴْﻚَ، ﻓَﺨَﺸِﻴﺖُ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻓَﺄَﺫَّﻧْﺖُ . ﻗَﺎﻝَ " : ﺃَﺻَﺒْﺖَ ﻳَﺎ ﺳَﻌْﺪُ، ﺇِﺫَﺍ ﻟَﻢْ ﺗَﺮَ ﺑِﻼَﻻً ﻣَﻌِﻲ ﻓَﺄَﺫِّﻥْ " ﻓَﺄَﺫَّﻥَ ﺳَﻌْﺪٌ ﺛَﻼَﺙَ ﻣِﺮَﺍﺭٍ ﻓِﻲ ﺣَﻴَﺎﺓِ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ - ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ - ‏» . ﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻟﻄَّﺒَﺮَﺍﻧِﻲُّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻜَﺒِﻴﺮِ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻬﻴﺜﻤﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻊ : ﻭَﻓِﻴﻪِ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦُ ﺳَﻌْﺪِ ﺑْﻦِ ﻋَﻤَّﺎﺭٍ ﻭَﻫُﻮَ ﺿَﻌِﻴﻒٌ .


Dari Sa’ad al-Qarazh, sesungguhnya kapan saja Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Masjid Quba’, sahabat Bilal pasti mengumandangkan adzan agar orang-orang tahu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah datang sehingga mereka berkumpul kepadanya. Pada suatu hari beliau datang tanpa bersama Bilal, lalu orang-orang negro saling berpandangan. Maka Sa’ad menaiki pohon anggur, dan mengumandangkan adzan. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya: “Apa yang mendorongmu untuk adzan wahai Sa’ad?” Ia menjawab: “Ayah dan ibuku sebagai tebusanmu, aku melihat engkau dalam kelompok orang yang sedikit, aku tidak melihat Bilal bersamamu, aku melihat mereka orang-orang negro saling berpandangan dan melihatmu, aku khawatir terjadi sesuatu kepadamu dari mereka, maka aku adzan.” Beliau bersabda: “Kamu benar wahai Sa’ad. Jika kamu tidak melihat Bilal bersamaku, maka adzanlah.” Maka Sa’ad adzan tiga kali pada masa hidup Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR al-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Kabir, [5452]. Al-Haitsami berkata dalam Majma’ al-Zawaid [1898]: “Dalam sanadnya terdapat Abdurrahman bin Sa’ad bin Ammar, perawi yang dha’if.”


Hadits tersebut memberikan pesan anjuran adzan untuk mengumpulkan orang, dan ketika dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Hadits tersebut dha’if, tetapi digunakan oleh para ulama dalam konteks seperti di atas.


Berdasarkan dalil-dalil di atas, para ulama menetapkan kesunnahan adzan di luar shalat, dalam beberapa kasus yang disebutkan oleh para ulama Syafi’iyyah dalam kitab-kitab fiqih yang mu’tabar. Tentu saja hubungan dalil-dalil di atas dengan kasus-kasus tersebut ada yang bersifat tekstual dan ada yang bersifat kontekstual dengan metodologi qiyas atau analogi.


Para Imam Madzhab yang empat, selain telah meninggalkan fatwa-fatwa hukum sebagai hasil ijtihad mereka, juga telah meninggalkan metode dan kaedah-kaedah dalam pengambilan hukum-hukum yang tidak terdapat nashnya. Tidak mungkin, seorang imam madzhab akan mengeluarkan fatwa dalam semua persoalan hukum, apalagi persoalan-persoalan yang belum terjadi pada masa-masa mereka. Oleh karena itu, murid-murid beliau dari kalangan fuqaha Syafi’iyyah juga mengeluarkan fatwa-fatwa sesuai dengan metode dan kaedah-kaedah yang telah ditetapkan oleh imam madzhab. Fatwa-fatwa ulama Syafi’iyyah berarti madzhab Syafi’i. Wallahu a’lam.





Ust. Muhammad Idrus Ramli
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger