Adv 1
Ged a Widget
Gg. Merah Putih, Jl. Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Kudus
Home » , » Allah Memuliakan Tamunya di Masjid

Allah Memuliakan Tamunya di Masjid


Diantara apa yang menunjukkan keutamaan shalat berjama'ah di masjid adalah apa yang dijelaskan oleh Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bahwa orang yang datang ke masjid adalah tamu Allah 'Azza wa Jalla, dan orang yang dikunjunginya wajib memuliakan tamunya. 

Imam ath-Thabrani meriwayatkan dari Salman radhiallahu'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda :

"Barangsiapa yang berwudhu' di rumahnya dengan sempurna kemudian mendatangi masjid, maka ia adalah tamu Allah, dan siapa yang dikunjunginya wajib memuliakan tamunya." (Majma'uz Zawaa-id wa Manba'ul Fawaa-id, kitab ash-Shalaah, bab al-Masy-yi ilal Masaajid II/31. Al-Hafizh al-Haitsami berkata tentang hadits ini, "Ath-Thabrani meriwayatkan dalam al-Kabiir dan perawi salah satu dari kedua sanadnya adalah perawi yang shahih." ibid, II/31).

Bagaimana cara Allah memuliakan tamu-Nya, sedangkan Allah Subhanahuwata'ala adalah Rabb yang paling Pemurah, Penguasa langit dan bumi? 

Para Shahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam juga menegaskan hal ini. Imam Ibnul Mubarak -rahimahullah- meriwayatkan dari 'Amr bin Maimun, ia mengatakan, "Para Shahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan, 'Rumah Allah di bumi adalah masjid, dan Allah wajib memuliakan siapa yang mengunjungi-Nya di dalamnya.'" (Kitab az-Zuhd (Ziyaadatuz Zuhd, karya Nu'aim bin Hammad), n0. 6, hal. 2).

Imam Ibnu Abi Syaibah -rahimahullah- meriwayatkan dari Abu Syaibah, dari 'Amr bin Maimun, dari 'Umar radhiallahu'anhu, ia mengatakan, "Masjid adalah rumah Allah di muka bumi, dan siapa yang dikunjungi wajib memuliakan tamunya." (Al-Mushannaf, kitab az-Zuhd, Maa Jaa-a fii Luzuumil Masaajid III/318, no. 16463).

Imam Ibnu Abi Syaibah -rahimahullah- juga meriwayatkan dari Salman radhiallahu'anhu, ia mengatakan, "Barangsiapa yang berwudhu' dengan sempurna kemudian mendatangi masjid untuk shalat di dalamnya, maka ia adalah tamu Allah, dan siapa yang dikunjungi wajib memuliakan tamunya." (Ibid XII/319, no. 16465).


Syaikh DR. Fadhl Ilah
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger